Dark/Light Mode

Gunung Agung Meletus Lagi, Kolom Abu Terhalang Kabut

Kamis, 10 Januari 2019 20:07 WIB
Gunung Agung, Bali saat mengalami erupsi pada 24 Juli 2018. Tinggi kolom abu saat itu 700-1500 m. (Foto: PVMBG Kementerian ESDM)
Gunung Agung, Bali saat mengalami erupsi pada 24 Juli 2018. Tinggi kolom abu saat itu 700-1500 m. (Foto: PVMBG Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Agung, Bali mengalami erupsi pada Kamis (10/1) pukul 19:55 WITA, namun tinggi kolom abu tidak teramati.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi ± 4 menit 26 detik. "Kolom abu tidak teramati karena saat itu terjadi kabut," terang PVMBG dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga : Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Hampir 2.000 M

Saat ini, Gunung Agung berstatus Level III Siaga. Masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan dihimbau agar tidak melakukan aktivitas apa pun di Zona Perkiraan Bahaya. Yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya bersifat dinamis, dan terus dievaluasi. Zona ini juga dapat diubah sewaktu-waktu, mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang paling aktual.

Baca juga : Gunung Agung Erupsi 3 Menit, Status Siaga

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung, diminta mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan, yang dapat terjadi. Terutama, pada musim hujan dan jika material erupsi masih terpapar di area puncak. Area landaan aliran lahar hujan mengikuti aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.