Dark/Light Mode

Anak Krakatau Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu 1.500 M

Jumat, 4 Januari 2019 11:05 WIB
Penampakan Gunung Anak Krakatau saat erupsi. Foto diambil pada pukul 09.44 WIB. (Foto: PVMBG  Badan Geologi, Kementerian ESDM)
Penampakan Gunung Anak Krakatau saat erupsi. Foto diambil pada pukul 09.44 WIB. (Foto: PVMBG Badan Geologi, Kementerian ESDM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gunung Anak Krakatau masih terus memperlihatkan aktivitasnya. Gunung yang longsorannya menimbulkan bencana tsunami pada Sabtu (22/12), kembali erupsi pada Jumat (4/1) pukul 09.39 WIB.

Baca juga : Gunung Anak Krakatau Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu Hampir 2.000 M

Menurut info yang disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam akun Twitter-nya, tinggi kolom abu teramati ± 1.500 m di atas puncak. Kolom terlihat berwarna abu putih hingga kelabu.

Baca juga : KJRI Jeddah Kawal Pemulangan Jenazah Paman Presiden Jokowi

Sejak 27 Desember 2018, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral menetapkan Gunung Anak Krakatau berada dalam status Level III (Siaga). Masyarakat/wisatawan dilarang melakukan aktivitas apa pun, dalam radius 5 km dari kawah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.