Dark/Light Mode

Survei CISA, 51 Persen Masyarakat Tak Puas Kinerja Pemkot Bekasi

Sabtu, 22 Mei 2021 21:57 WIB
Kantor Wali Kota Bekasi. (Foto: Ist)
Kantor Wali Kota Bekasi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) merilis hasil survei terbaru terkait evaluasi kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) dan Peta Politik Kota Bekasi tahun 2024.

Survei yang berlangsung dari 17-19 Mei 2021 tersebut menyebutkan bahwa 51,44 persen masyarakat Kota Bekasi tidak puas terhadap kinerja Pemda. Sedangkan 48,56 persen menyatakan puas terhadap kinerja Pemkot Bekasi. Survei yang Margin of Errornya sebesar 2,95 persen dengan tingkat kepercayaannya mencapai 95 persen.

"Mayoritas masyarakat Kota Bekasi menunjukkan ketidakpuasannya terhadap kinerja Pemkot di beberapa sektor seperti Tata Ruang dan Wilayah yang mencapai 31,46 persen kemudian sektor Kesejahteraan Sosial sebesar 30,89 persen serta persoalan Lapangan Pekerjaan yang mendapatkan 27,83 persen," ucap Direktur Eksekutif CISA, Herry Mendrofa dalam keterangan persnya, Sabtu (22/5).

Baca juga : Redam Lonjakan Covid, Satgas Minta Masyarakat Tak Berkerumun dan Bepergian

Menurut Herry, masyarakat cukup menantikan terobosan pemkot terutama petahana yang notabene telah 2 periode menjabat. Persoalan tata ruang dan kewilayahan yang berimplikasi terhadap penanganan bencana banjir tahunan hingga masalah kemacetan akibat proyek pembangunan infrastruktur menjadi sorotan publik.

“Artinya Pemkot harus serius menyikapinya dan mengoptimalkan sektor tersebut," ungkap Herry.

Belum lagi, Pemkot dituntut untuk mampu mengelola manajemen kesejahteraan publik yang erat kaitannya dengan lapangan pekerjaan yang hingga saat ini pun belum memadai. Saat pandemi angka kemiskinan naik, demikian juga angka pengangguran.

Baca juga : ASDP Perketat Syarat Perjalanan Penumpang

“Sudah saatnya Pemkot mengupayakan hal-hal strategis melalui desain program kerja yang mengadaptasi secara kontekstual. Intervensi dengan cepat dan tepat yang partisipatif-kolaboratif menjadi kuncinya," terang Herry.

Namun Survei yang dilakukan di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan yang menyasar 900 responden tersebut juga cukup mengapresiasi kinerja Pemkot dalam beberapa sektor. Pemkot dinilai berhasil membuat terobosan di beberapa sektor.

Misalnya, pelayanan publik yang ditandai dengan apresiasi masyarakat sebesar 38,46 persen, penguatan Indeks Pembangunan Manusia (SDM) sebanyak 29,91 persen disusul sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berjumlah 24,71 persen serta Kesehatan yang mendapatkan 9,06 persen. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.