Dark/Light Mode

Antisipasi Rob Pasca Super Blood Moon, DKI Siapin Pompa

Rabu, 26 Mei 2021 20:58 WIB
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Ist)
Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah mengantisipasi potensi banjir akibat air pasang alias banji rob di wilayah pesisir utara Jakarta.

Seperti diketahui, gerhana bulan total terjadi malam ini mulai pukul 18.00 WIB.  Biasanya saat bulan purnama dan gerhana, air laut pasang. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan beberapa pompa dan tanggul air.

"Memang sudah rutin. Ketika bulan purnama terjadi air pasang di wilayah utara. Masyarakat pesisir utara sudah paham. Sudah disiapkan tanggul-tanggul dan pompa-pompa untuk mengurangi dan menghilangkan banjir rob," kata Riza di Jakarta Selatan, Rabu (26/5).

Baca juga : Wisma Atlet Siapkan 10 Ribu Tempat Tidur

Riza memastikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait. Bahkan, ia juga sudah menyiapkan relawan untuk membantu Pemprov DKI melakukan tindakan preventif sebelum rob itu terjadi.

"Kita sudah bekerjasama dengan BNPB, BPBD DKI, termasuk para relawan. Kita bersama-sama melakukan pencegahan, mengantisipasi penanggulangan banjir rob di wilayah utara," kata politisi Partai Gerindra ini.

Selain karena fenomena super blood moon, sebagian wilayah di Jakarta memang sudah terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi sejak Senin (24/5) lalu. Sebanyak 14 rukun tetangga (RT) di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan terendam banjir hingga Selasa (25/5).

Baca juga : Antisipasi Arus Balik, TNI-Polri Siapkan Swab Test

Riza mengakui, mengendalikan  genangan atau banjir di Jakarta bukanlah pekerjaan yang mudah. Butuh proses hingga pembiayaan yang kuat.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan kepada warga pesisir Jakarta untuk waspadai terhadap potensi banjir rob yang diperkirakan terjadi pada 26-31 Mei 2021.

Fenomena gerhana bulan total atau super blood moon mempengaruhi faktor pasang air laut yang berpotensi menyebabkan rob di sejumlah kawasan pesisir Indonesia. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.