Dark/Light Mode

Situs Pendaftaran PPDB Lemot, Disdik DKI Berdalih Banyak Yang Akses

Senin, 7 Juni 2021 15:09 WIB
Sejumlah calon siswa mengeluh di media sosial Twitter tak dapat mengajukan akun, sebagai syarat masuk, di situs pendaftaran. (Foto: Twitter)
Sejumlah calon siswa mengeluh di media sosial Twitter tak dapat mengajukan akun, sebagai syarat masuk, di situs pendaftaran. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, Senin (7/6) dimulai pembukaan Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) wilayah DKI Jakarta tahun ajaran 2021/2022 untuk jalur prestasi akademik dan non-akademik jenjang SMP, SMA, serta SMK. Sedangkan untuk jenjang SD mulai dibuka untuk jalur afirmasi prioritas I.

Sayangnya, situs web PPDB DKI Jakarta susah diakses para pendaftar. Responsnya lambat alias lemot. Sejumlah calon siswa mengeluh di media sosial Twitter tak dapat mengajukan akun, sebagai syarat masuk, di situs pendaftaran.

"Aku semangat PPDB bangun jam setenhah enam ternyata pas jam delapam gabisa hehe," keluh akun @aamaalsaa. Serupa netizen dengan akun @lovyusben menyanyakan langsung kepada akun resmi aduan PPDB. "Selamat pagi admin PPDB DKI 2021, saya mau tanya mengenai kendala pengajuan akun. Tadi saya sudah mengisi lengkap formulirnya tetapi malah seperti ini, kenapa ya?" tanya dia menyertakan tangkapan layar situs PPDB bermasalah.

Ini tulisan dalam tangkapan layar tersebut. "Perhatian terjadi gangguan interkoneksi dengan sistem SIDANIRA. Silakan coba beberapa saat lagi."

Baca juga : Pendaftaran PPDB Jakarta Dibuka Hari Ini

"Web PPDB. Dari jam delapan nggak bisa ngajuin akun," kicau @haizixian senada dengan @schfess juga mengeluh situs PPDB yang ia gunakan sulit diakses lantaran server error. "PPDB day 1 tapi server error."

Tweeps @ylsning70 mengkritik pelaksanaan PPDB yang setiap tahun berkutat di masalah yang sama, situs error dan lemot. "PPDB oh PPDB tiap tahun bermasalah melulu. Gimana sih? @PPDBDKI1"

Jawaban akun resmi aduan PPDB, @PPDBDKI1 terkesan formalitas. "Bisa dicoba clear cache lalu mohon dicoba akses kembali secara berkala ya kak," begitu jawab akun ini menanggapi berbagai keluhan tersebut.

Ketua Panitia PPDB Dinas Pendidikan DKI Jakarta Slamet mengakui ada kendala pada PPDB hari pertama ini. "Pada saat start (dibuka), itu kan load memang tinggi, hampir semua Calon Peserta Didik Baru (CPDB) masuk mendaftar mengajukan akun bersamaan, jadi ada perlambatan saja," kata Slamet dalam keterangannya, Senin (7/6).

Baca juga : PLN Siapkan 82 Tempat Ngecas Kendaraan Listrik Di Bangka Belitung

Slamet menjelaskan, perlambatan lumrah terjadi saat jam sibuk pagi hari. Dia membantah situs web PPDB DKI Jakarta down atau error. Sebab, banyak pula pendaftar yang masuk.

"Data kami sudah mencatat juga beberapa CPDB akses mendaftar dan memilih sekolah, jadi tidak down," kata Slamet.

Ditegaskannya, Disdik DKI sudah menambah bandwith untuk mengatasi perlambatan akses situs PPDB. Dia meminta warga melanjutkan proses pendaftaran yang dibuka online 24 jam.

Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 32 Tahun 2021 tentang Petunjuk Teknis PPDB, terdapat sejumlah aturan dan tahapan yang perlu dilewati untuk mengikuti PPDB. Tahapannya, calon siswa harus melakukan pengajuan akun di situs https://ppdb.jakarta.go.id berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan berdasarkan jalur dan jenjang sekolah.

Baca juga : Demokrat: Ini Hasil Kerja Nyata Berkoalisi Dengan Rakyat

Setelahnya, calon siswa melakukan aktivasi token dan memilih sekolah yang ingin dituju. Pihak sekolah dan pemerintah setempat lalu melakukan proses seleksi. Setelah proses seleksi selesai, hasil seleksi PPDB akan diumumkan dan calon siswa yang lolos seleksi diwajibkan melaporkan diri agar terdaftar resmi sebagai siswa baru. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.