Dark/Light Mode

Data BNPB: 17 Meninggal, 13.000 Terdampak, 106 Ternak Mati

Kaki Gunung Bungkuk Longsor, Jumlah Korban Hilang Musibah Bengkulu Jadi 14

Senin, 29 April 2019 04:41 WIB
Jembatan di wilayah Bengkulu tampak retak dan longsor, akibat curah hujan tinggi sejak Jumat (26/4). (Foto: Istimewa)
Jembatan di wilayah Bengkulu tampak retak dan longsor, akibat curah hujan tinggi sejak Jumat (26/4). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkulu Tengah melaporkan, 7 warga hilang dalam musibah tanah longsor di kaki Gunung Bungkuk Kecamatan Merigi Sakti Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu, Minggu (28/4).

"Lokasi kejadian di dekat Gunung Bungkuk di lokasi kebun kopi dan sampai saat ini kami masih melakukan pencarian," kata Kepala BPBD Kabupaten Bengkulu Tengah Tomi Tapsili di Bengkulu, seperti dilansir Kantor Berita Antara, Minggu (28/4).

Menurut informasi, ada sekitar 9 orang yang tertimbun tanah longsor. Mereka adalah warga Kecamatan Merigi Sakti, yang memiliki kebun kopi di kaki Gunung Bungkuk  Kabupaten Bengkulu Tengah.

Baca juga : Keluarga Besar BJ Habibie Jenguk Ibu Ani Yudhoyono

“Kami juga masih mengonfirmasi kebenaran informasi jumlah korban. Apakah benar 7 orang. Menurut Camat Merigi Sakti, betul ada tujuh orang," ujarnya.

Menurut Tomi, ketujuh warga yang tertimbun longsor tersebut belum termasuk dalam daftar korban hilang yang didata Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu. Pihaknya saat ini berkoordinasi dengan Basarnas, untuk membantu mengevakuasi korban tanah longsor.

"Kendala hari pertama dan kedua, terutama pada terisolasinya daerah tersebut. Sulit untuk dilewati," ujarnya. Saat ini, alat berat sedang bergerak untuk membuka akses jalan yang tertutup tanah. BPBD Bengkulu Tengah telah mengerahkan tim untuk melakukan pencarian korban.

Baca juga : Ribuan Warga Tambora Dapat Bantuan Filter Air Bersih

Data yang dihimpun dari BPBD Bengkulu Tengah tersebut menambah daftar korban jiwa akibat banjir dan longsor di Bengkulu, menjadi 17 orang meninggal dan 14 hilang.

Sebelumnya, dalam keterangan tertulisnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, jumlah korban bencana banjir dan longsor yang melanda 9 kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu yang terdata hingga Minggu pukul 19.00 WIB, tercatat 17 orang meninggal dunia, 9 orang hilang, 2 orang luka berat dan 2 orang luka ringan.

Sebaran dari 17 orang meninggal dunia terdapat di Kabupaten Bengkulu Tengah 11 orang, Kota Bengkulu 3 orang, dan Kabupaten Kepahiang 3 orang. Sekitar 12.000 orang mengungsi yang tersebar di banyak tempat dan 13.000 orang terdampak bencana.

Baca juga : Banjir Bengkulu Telan 10 Korban Jiwa, 8 Hilang

Jumlah ternak yang mati ada 106 ekor sapi, 102 ekor kambing/domba dan 4 ekor kerbau. Sedangkan kerusakan fisik meliputi 184 rumah, 7 fasilitas pendidikan dan 40 titik sarana prasarana infrastruktur. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.