Dark/Light Mode

Tolak Rusun Pasar Rumput Tempat Isolasi Pasien Covid

Warga Takut Tertular Pedagang Ogah Rugi

Minggu, 27 Juni 2021 06:30 WIB
Seorang warga menuruni anak tangga di kompleks Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, Kamis (24/6/2021). (Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra)
Seorang warga menuruni anak tangga di kompleks Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta, Kamis (24/6/2021). (Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Setia Budi, Jakarta Selatan, bakal difungsikan menjadi tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala atau bergejala ringan. Namun, warga sekitar keberatan karena lokasinya sangat dekat dengan hunian.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 7.936 tempat tidur di Rusun itu.

“Dalam seminggu ke depan juga sudah mulai siap secara bertahap,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat meninjau Rusun Pasar Rumput di Jakarta Selatan.

Baca juga : RS Penuh, PUPR Siapkan Rusun Pasar Rumput Jadi Tempat Isolasi Mandiri

Rusun Pasar Rumput disiapkan karena Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet dan rumah sakit rujukan lainnya sudah mulai penuh.

Politisi Partai Gerindra ini mengatakan, jumlah kamar di Tower I, II dan III yang digunakan untuk isolasi pasien Covid-19 mencapai 1.984 kamar. Satu kamar akan diisi empat tempat tidur. Artinya, total kapasitasnya mencapai 7.936 tempat tidur.

Penyiapan tempat tidur untuk isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Kementerian PUPR menyiapkan pengatur suhu ruangan baik AC maupun kipas angin, dan fasilitas lainnya.

Baca juga : Indonesia Beruntung Lho

Dekat Hunian

Warga dan pedagang di Rusun Pasar Rumput keberatan lingkungan mereka dijadikan tempat isolasi terkendali pasien Covid-19. Warga khawatir mereka bakal tertular karena letak antar tower yang saling berdekatan. Sedangkan, para perdagang takut sepi pelanggan.

“Katanya sudah dibikin di Rusun Nagrak, kenapa di sini juga. Di sini lingkungannya rapat. Pedagang pasar sama tempat penghuni nggak jauh,” keluh Atmo, salah satu pedagang di Pasar Rumput, kemarin.

Baca juga : Kasus Covid-19 Rawan Meledak

Berdasarkan pantauan, hunian di Rusun Pasar Rumput terbilang rapat satu sama lain. Tak seperti di Rusun Nagrak yang jarak satu tower dengan yang lainnya agak berjauhan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.