Dark/Light Mode

Bisa Tampung 24 Ribu Orang, Anies Sulap PRJ Jadi Ruang Isolasi

Jumat, 2 Juli 2021 20:58 WIB
Arena Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.
Arena Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pekan Raya Jakarta (PRJ) resmi dipermak menjadi tempat perawatan pasien Covid-19 guna mengatasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Ibu Kota dalam beberapa hari terakhir.

"Kami menambah tempat penampungan, termasuk di Arena Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran yang bisa menampung 24 ribu orang," kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Mapolda Metro Jaya, Jumat (2/7).

Selain JIExpo Kemayoran, Anies juga menyediakan tempat isolasi pasien Covid-19 yang tersebar di lima kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Baca juga : Tambah Kapasitas Bed Pasien Covid, BGS Sulap IGD Di RS Jadi Tempat Isolasi

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyebutkan, tempat-tempat penampungan itu disiapkan agar tidak ada pasien Covid-19 yang terlantar.

"Masing-masing wilayah disiapkan untuk menampung 5.000 orang. Kami tidak ingin bila terpapar tidak terlindungi, tidak terlayani. Bawa, antar, kami akan siapkan," kata Anies dikutip Antara.

Terlebih tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 sudah mencapai angka 93 persen dan kasus aktif (sedang dirawat dan diisolasi) di DKI Jakarta juga sudah menembus angka 78.394.

Baca juga : 3.465 Kamar Asrama Haji Siap Jadi Ruang Isolasi Pasien Corona

Anies menyebutkan, angka 78 ribu kasus aktif ini merupakan yang tertinggi selama pandemi sejak 2 Maret 2020. "Hari ini kita memiliki 78 ribu kasus aktif. Yang pernah kita miliki di Jakarta tertinggi 27 ribu pada Februari lalu. Sekarang sudah 78 ribu," ujarnya.

Bila hal ini terus dibiarkan, Anies memprediksi, jumlah kasus aktif bakal mencapai 100 ribu kasus beberapa hari ke depan.

Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat turut serta menyukseskan program Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang bakal dilaksanakan, mulai 3 Juli hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Baca juga : Covid-19 Ngamuk, Asrama Haji Siap Jadi Tempat Isoman

"Seluruh komponen harus turun tangan. Pada saat pembatasan seluruh pasti ada yang kesulitan, kesulitan ekonomi, kesulitan pangan, mari kita bantu sesama," katanya.[MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.