Dark/Light Mode

Covid-19 Ngamuk, Asrama Haji Siap Jadi Tempat Isoman

Senin, 21 Juni 2021 13:05 WIB
Ilustrasi asrama haji. (Foto: Antara)
Ilustrasi asrama haji. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) menyiapkan asrama haji yang tersebar di seluruh Indonesia digunakan untuk menjadi tempat isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19. Hal ini seiring dengan melonjaknya jumlah pasien Covid-19.

"Menag Yaqut Cholil Qoumas sudah memberikan izin dan asrama haji siap kembali digunakan sebagai ruang isolasi Covid-19," ujar Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Khoirizi, di Jakarta, Senin (21/6).

Baca juga : Dipicu Covid-19, Indosat Garap Sektor Kesehatan

Menurut dia, 27 dari 31 asrama haji milik Kemenag sudah siap digunakan untuk menampung pasien. Namun, empat asrama haji lainnya belum bisa digunakan dengan berbagai alasan, seperti Asrama Haji Pontianak, Mamuju, Jayapura, dan Sorong.

Koordinasi antara Kemenag dengan Satgas Covid-19 terkait penggunaan asrama haji sebagai ruang isolasi sudah dilakukan sejak lama. Bahkan, pemanfaatan asrama haji sebagai ruang isolasi juga sudah dilakukan pada 2020.

Baca juga : Corona Ngamuk Lagi, Rupiah Tertekan

Misalnya, kata dia, Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, penyiapannya sudah dilakukan bersama dengan Satgas Covid-19 DKI Jakarta. Bahkan, kesiapannya juga sudah ditinjau oleh Sekda DKI dan Pangdam Jaya.

Begitu juga dengan UPT Asrama Haji Gorontalo. Kepala UPT sudah menggelar rapat dengan Satgas setempat agar bisa digunakan untuk menampung pasien Covid-19.

Baca juga : Ganjal Laju Perekonomian

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab mengatakan, sudah berkoordinasi dengan pihak RS Haji Jakarta untuk memastikan ruang isolasi yang disiapkan sudah sesuai standar Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, bahkan World Health Organization (WHO).

"Setiap pasien menempati satu kamar, satu tempat tidur. Tidak boleh digabung. Ada juga standar pelayanan kasus di bawah pengawasan tenaga kesehatan," ujarnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.