Dark/Light Mode

Vaksinasi Massal

Bocah 13 Tahun Divaksin: Kaya Digigit Semut

Minggu, 4 Juli 2021 13:39 WIB
Marco Marvel Ferdinand usai divaksin. (Foto : Pemprov DKI)
Marco Marvel Ferdinand usai divaksin. (Foto : Pemprov DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ratusan bocah berusia 12-17 tahun mengikuti vaksinasi massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat (Jakpus) pada Minggu (4/7).

Marco Marvel Ferdinand, bocah berusia 13 tahun salah satu yang ikut vaksin. Dia datang bersama tetangga di lingkungannya dengan menggunakan bus. Siswa kelas VI SDN Rawa Bebek 010, Jakarta Barat ini, menjalani vaksin setelah menjalani skrining oleh petugas dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) DKI Jaya.

 "Sakitnya sebentar saja, seperti digigit semut," ucap Marco dengan wajah sumringah, usai menerima suntikan vaksin pertama ini, Minggu (4/7) siang.

Baca juga : Vaksinasi Massal Gelombang IV Dipusatkan di Bentara Budaya

Hal serupa dirasakan Derald Ginting, siswa SMP BPK Penabur Bintaro Jaya. Dengan diantar orang tuanya, anak berusia 15 tahun ini tampak antusias untuk ikut vaksinasi.

"Saya sangat senang bisa divaksin di sini. Kebetulan hari ini mulai ada layanan vaksin untuk anak-anak jadi saya bisa ikut, diantar orangtua," kata Derald.

Menurutnya, ia tahu adanya layanan vaksin untuk anak-anak di GBK dari pihak Kelurahan yang disampaikan melalui pengurus RT dan RW. Dia pun meminta pada orang tuanya untuk mengantarkan agar ikut divaksin. "Tidak sakit kok.

Baca juga : Insya Allah Tercapai, Antusias Warga Untuk Divaksin Tinggi

Vaksinasi ini perlu untuk menjaga agar tubuh kita tidak mudah terkena COVID," tutur Derald.

Sementara, Priyana Darmayanti, anggota IDAI Jaya berharap, orang tua tidak ragu untuk mengajak anak-anaknya agar mau divaksin. Karena ini sangat penting untuk kesehatan dan kekebalan tubuh pada diri anak dan imunitasnya kuat sehingga tidak mudah terkena penyakit atau virus. "Vaksin ini aman untuk anak dan sudah direkomendasikan oleh IDAI," tukasnya.

Sebagaimana diketahui, vaksinasi Covid-19 anak usia 12-17 tahun di Jakarta telah dimulai. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menargetkan 1,3 juta anak di Jakarta disuntik vaksin Corona

Baca juga : Menkes Targetkan 70 Persen Warga Zona Merah Sudah Divaksin Pada Agustus

"Saat ini kita baru vaksin anak usia 12 sampai di bawah 18 tahun. Jadi 12-17 yang divaksinasi. Targetnya seluruh anak di Jakarta, jumlahnya ada 1,3 juta anak di Jakarta," kata Anies saat peninjauan vaksinasi anak di SMAN 20 Jakarta, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (1/7).

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.02.021/I/1727/2021 tentang Vaksinasi Tahap 3 bagi Masyarakat Rentan serta Masyarakat Umum Lainnya dan Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Anak Usia 12-17 Tahun, pemberian vaksin Sinovac bagi anak usia 12-17 tahun dengan dosis 0,5 ml sebanyak dua kali pemberian dengan jarak/interval minimal 28 hari. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.