Dark/Light Mode

Ramai-ramai Jual Rumah Di Menteng Dan Pondok Indah

Konglomerat Ikutan Melarat?

Rabu, 7 Juli 2021 07:30 WIB
Rumah mewah yang dijual murah melalui situs jual beli rumah online di kawasan Menteng, Jakarta. (Foto: Rumah.com)
Rumah mewah yang dijual murah melalui situs jual beli rumah online di kawasan Menteng, Jakarta. (Foto: Rumah.com)

 Sebelumnya 
Di sejumlah wilayah lain yang harganya di bawah Menteng juga mengalami penurunan harga. Hanya saja nilainya tidak sejatuh harga di kawasan elite karena harganya saat sebelum pandemi tak terlalu over value.

Kenapa banyak orang kaya jual rumah? Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J Rachbini coba menerjemahkan fenomena ini. Menurutnya, di masa sulit seperti ini bukan hanya orang miskin yang kesulitan. Orang kaya pun butuh uang kas dalam jangka pendek.

Baca juga : Anak Sungai Meluap, 160 Rumah Di Kabupaten Ogan Komering Ulu Kebanjiran

Terlebih, ekonomi dalam kondisi yang parah. “Kondisi genting pandemi seperti ini harta ditumpuk-tumuk tidak banyak berguna. Maunya mereka berspekulasi jangka menengah dan jangka panjang. Tetapi pandemi menghantam ekonomi, meski diprediksi tumbuh 7 persen oleh Jokowi,” ulas Didik saat dihubungi, tadi malam.

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira lebih merinci. Analisanya, fenomena itu karena biaya perawatan rumah semakin mahal. Pajak Bumi Bangunan (PBB) juga naik tidak wajar. Sementara orang kaya ada juga yang karena warisan, punya rumah mewah malah jadi beban.

Baca juga : Di London, Kangen Ojol

Meski begitu, tidak semua orang kaya menjual rumah mewahnya. Bedanya, konglomerat yang memiliki usaha di sektor teknologi justru memilih hunian sederhana. Tujuannya, agar tidak terlalu mencolok, dan terhindar dari perhatian petugas pajak.

Di dunia maya, justru banyak yang curiga dengan fenomena banyaknya orang kaya yang jual rumah bukan karena alasan ekonomi. “Pemiliknya pada mau kabur ke luar negeri mungkin ya. Mungkin takut situasi covid di Indonesia. Gue kalau punya duit tak terhingga juga bakal kabur kayaknya,” cuit @kazenoshippo. “Mau pada kabur ke LN (luar negeri) ya?” timpal @alax_batax. “Siapa yang betah tinggal lama-lama dengan wabah,” samber @optimus_krim. “Dijual murah, gak kebeli jg sama gue,” canda @nettyirawati. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.