Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dua Harimau Sumatera Ragunan Sembuh Dari Covid

Anies: Hari Dan Tino Nggak Bisa Isolasi Di Wisma Atlet

Minggu, 1 Agustus 2021 10:35 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino, harimau Taman Margasatwa Ragunan, yang baru sembuh dari Corona, Sabtu (31/7). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menjenguk Hari dan Tino, harimau Taman Margasatwa Ragunan, yang baru sembuh dari Corona, Sabtu (31/7). (Foto: Instagram @aniesbaswedan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ternyata, virus Corona tak hanya menginfeksi manusia. Dua harimau Sumatera yang berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, sempat terinfeksi Covid-19.

Padahal selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Taman Margasatwa Ragunan ditutup untuk pengunjung. Untungnya, dua satwa tersebut telah dinyatakan pulih dan kini masih dipantau ketat oleh Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Distamhut Provinsi DKI Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, kedua harimau bernama Hari dan Tino sempat isolasi mandiri layaknya manusia.

Baca juga : Mayora Berikan Bubur Instan Bagi Nakes dan Pasien Wisma AtletĀ 

"Dua warga DKI, Hari dan Tino terpapar Covid-19. Tidak ada pilihan. Mereka harus isolasi. Diputuskan isolasi mandiri di tempat tinggalnya. Pasokan makanan dan obat dicukupi selama isolasi dan proses penyembuhan," sebut Anies dalam akun Instagram-nya @aniesbaswedan, Minggu (1/7).

Kedua harimau ini disebut terinfeksi Covid-19 sejak 15 Juli lalu. Sebelum dinyatakan positif, perawat satwa di Taman Margasatwa Ragunan memperhatikan, Hari dan Tino sakit dan bergejala seperti Covid-19. Yakni flu, lemas, dan sesak napas.

"Petugas bertindak cepat. Memanggil petugas swab paling berani sedunia untuk mengambil sampel swab Hari dan Tino dan mengirimkannya ke Laboratorium Bioteknologi milik Pusat Studi Satwa Primata, Institut Pertanian Bogor. Ternyata hasil tes swab PCR menunjukkan Hari dan Tino positif Covid-19," ujar Anies.

Baca juga : Mayora Kirim Bubur Untuk Nakes Dan Pasien RSD Wisma Atlet

Diingatkan Anies, masyarakat tak perlu heran dengan kasus ini. Sebab, kasus satwa kena Corona, terutama jenis harimau dan singa, bukan hal baru. Banyak kasus serupa di berbagai negara lain.

Ditambahkan Anies, perawatan satwa berbeda jauh dengan manusia. Satwa tak bisa dikirim untuk isolasi ke Wisma Atlet. Satwa hanya isoman dan dimonitor ketat para dokter hewan terbaik di Taman Margasatwa Ragunan.

"Hari dan Tino kini berangsur pulih dan sudah tampak aktif. Walaupun demikian, karena Jakarta masih berada dalam situasi PPKM Level 4, maka TMR belum bisa dibuka untuk publik. Hari dan Tino tidak harus buru-buru kembali Work From Office (WFO) dan punya waktu untuk menyehatkan diri sepenuhnya. Semoga pandemi lekas berlalu dan mereka kembali bisa menyapa para pengunjung Taman Margasatwa Ragunan," ungkap Anies.

Baca juga : Kisah `Wanita Emas` Sembuh Dari Covid, Sulit Cari Obat Dan Harganya Selangit

Anies menyertakan foto dan video dua harimau ini dalam postingannya. Unggahan Anies dengan narasi unik dan berbalut candaan ini disukai lebih dari 85 ribu netizen. Kolom komentarnya pun banjir gurauan. "Penasaran waktu nge-swabnya," tulis akun @eggytrisidian heran.

"Kok Hari dan Tino nggak pakai masker Pak @aniesbaswedan?" celetuk akun @riezarachmat dijawab langsung oleh Anies. "Karena Hari dan Tino di rumah saja. Nggak terima tamu."

Ratusan warganet lainnya ramai-ramai melontarkan guyonan di kolom komentar orang nomor satu di DKI Jakarta. "Kirim ke Wisma Atlet saja pak. Biar yang di Wisma Atlet pada sembuh," gurau @kang_rokhman disamber usulan @agus_n_h. "Suruh Isoman bareng anggota DPR aja pak. Biar anggota DPR ada temennya." [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.