Dark/Light Mode

Kembangkan Oxy App

Jakpro Pantau Ketersediaan Oksigen Di RS Rujukan

Kamis, 12 Agustus 2021 10:04 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara intens berkolaborasi dengan berbagai pihak demi membangun sebuah sistem pemantauan ketersediaan dan kelancaran ditribusi oksigen bagi rumah sakit rujukan yang ada di wilayah DKI Jakarta. Kolaborasi terwujud dalam rangka menanggulangi kelangkaan pasokan oksigen yang terjadi dalam beberapa pekan terakhir ini.

Untuk memperkokoh kolaborasi itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan Keputusan Gubernur (Kepgub) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Nomer 890 Tahun 2021 perihal Satuan Tugas Pemenuhan Kebutuhan Oksigen di DKI Jakarta. 

"PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) menjadi bagian dalam satuan tugas tersebut, khususnya dalam mengembangkan aplikasi berbasis dashboard yang dapat memantau data pasokan dan kebutuhan oksigen secara realtime," kata Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Jakpro Nadia Diposanjoyo dalam keterangan resminya.

Baca juga : PLN Bangun Infrastruktur Kelistrikan 8 Desa Terpencil Di Lampung

Melalui dashboard yang dikembangkan oleh divisi Project Management Office (PMO) dan Divisi IT Jakpro ini, jumlah ketersediaan (supply) dan permintaan (demand) tabung oksigen di DKI Jakarta dapat terukur dengan akurat. 

"Pemprov sebagai eksekutif akan memiliki data yang real time dan valid terkait kapasitas kemampuan produsen di hulu, lalu lintas distribusi, hingga kebutuhan oksigen di hilir atau di rumah sakit rujukan covid-19," jelas Nadia.

Dari sisi permintaan, dashboard yang dikembangkan Jakpro ini akan turut membantu manajemen krisis di rumah sakit. Sehingga, Pemprov DKI Jakarta dan stakeholders lainnya akan memiliki informasi yang akurat atas ketersediaan tabung oksigen di setiap rumah sakit rujukan Covid-19.

Baca juga : Kompak, Panglima TNI Dan Kapolri Bagikan Oksigen Di Makassar

Dengan data ini, pihak produsen atau distributor dapat memprioritaskan penyalurannya ke rumah sakit yang paling membutuhkan. Dengan demikian, kelangkaan tabung oksigen tidak terjadi lagi di rumah sakit rujukan Covid-19.

Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (DTKTE), Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) serta jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait lainnya serta Jakpro berkolaborasi bersama dalam hal penyediaan dan pengolahan data, pembuatan alur dan sistem kerja pada Oxy App yang terhubung dengan dashboard data untuk mempermudah penginputan data di lapangan. 

Kolaborasi itu merupakan upaya bersama dalam menangani permasalahan di Ibukota yang didukung dengan inovasi dan optimalisasi fitur teknologi. Dengan adanya kolaborasi ini, Jakpro berharap kontribusinya dalam pengembangan sistem dashboard untuk data supply dan demand tabung oksigen dapat menjadi solusi dan membantu Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi permasalahan kebutuhan oksigen pasien covid-19 di Ibu Kota. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.