Dark/Light Mode

Bela Anies, Tujuh Fraksi Tolak Interpelasi

Jumat, 27 Agustus 2021 08:47 WIB
Bela Anies, Tujuh Fraksi Tolak Interpelasi

RM.id  Rakyat Merdeka - Tujuh fraksi di DPRD DKI menolak interpelasi Anies Baswedan. Usulan interpelasi yang digulirkan PDI Perjuangan dan PSI dinilai tidak ada manfaatnya untuk warga ibu kota. 

Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI, Desi, menilai, hak interpelasi tidak perlu dikuti. "Fraksi Demokrat DPRD DKI tak mengikuti interpelasi yang sedang ramai. Iya tidak perlu," kata Desi di Jakarta, Jumat (27/8). 

Menurut dia, dewan di Kebon Sirih sebaiknya fokus terhadap permasalahan pandemi Covid-19. Sebab, terkait balap Formula E bisa dilakukan dalam pembahasan di komisi-komisi terkait. Tidak perlu sampai interpelasi. "Bisa pada rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI," katanya. 

Baca juga : Belanja Online Kerek Transaksi BSI Mobile 97,4 Persen

Hal senada ditegaskan Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI, Rani Mauliani.Fraksinya menolak interpelasi. 

Menurut Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra DKI itu, mekanisme penggunaan hak interpelasi masih jauh untuk dilalui. Setelah masuk ke meja pimpinan, harus musyawarahkan terlebih dahulu melalui Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI untuk mengagendakan hak interpelasi. 

Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI, Basri Baco menegaskan, pihaknya menolak interpelasi terhadap Anies terkait Formula E. "Kami nolak. Buang-buang waktu dan politis," tegas Basri.

Baca juga : BOR Terus Turun, Jabar Intens Percepat Vaksinasi

"Rakyat perlu perbaikan ekonomi, rakyat Jakarta perlu anaknya sekolah dan bantuan pendidikan. Bukan interplasi," tegas Basri Baco

Sementara Ketua Fraksi PKB DPRD DKI, Hasbiallah Ilyas mengatakan, balap mobil Formula E harus berjalan agar tak ada kerugian daerah. "Apa yang mau diinterpelasi? Pemprov gelar Formula E, jalankan rekomendasi BPK. Jadi, interpelesi ini tidak jelas. Kami menolak," tegas Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DKI itu.

Hal positif gelaran Formula E ini, kata dia, akan menggerakan roda perekonomian Jakarta setelah dihantam pandemi Covid-19. Sebab, akan banyak turis mancanegara maupun lokal yang akan datang ke Jakarta.

Baca juga : Awal Pekan, Rupiah Masih Nggak Bertenaga

Seperti diketahui, usulan hak interpelasi telah diteken oleh  33 anggota dewan yang berasal 25 dari PDIP dan dan delapan anggota Fraksi PSI DPRD DKI. 

Sedangkan, tujuh fraksi yang menolak di antaranya, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Demokrat, Fraksi PAN, Fraksi NasDem, Fraksi Golkar, dan Fraksi PKB-PPP. Artinya, 73 anggota dewan di Kebon Sirih mentahkan usulan PDIP dan PSI. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.