Dark/Light Mode

Belanja Online Kerek Transaksi BSI Mobile 97,4 Persen

Senin, 23 Agustus 2021 12:25 WIB
Inilah tampilan BSI mobile. (Foto: ist)
Inilah tampilan BSI mobile. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Syariah Indonesia Tbk mencatat pertumbuhan transaksi Mobile Banking (BSI Mobile) per Juli 2021 sebesar 46,4 juta transaksi atau naik 97,4 persen secara tahunan (yoy).  

Peningkatan transaksi BSI Mobile ini didorong oleh hadirnya kebiasaan baru masyarakat Indonesia saat pandemi dan aktivitas transaksi keuangan nasabah dalam berbelanja di e-commerce.

Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan, kontribusi transaksi BSI Mobile mengalami peningkatan setiap tahunnya. Salah satu faktor yang paling berpengaruh dalam peningkatan signifikan terebut adalah hadirnya kebiasaan baru masyarakat Indonesia selam pandemi. 

Baca juga : Transaksi E-Channel BRI Tumbuh 33 Persen

"Sampai dengan Juli 2021, transaksi BSI Mobile berkontribusi paling tinggi yaitu 46 persen dari jumlah transaksi e-channel, sudah melebihi pencapaian pada 2020," jelas Hery di Jakarta, Senin (23/8).

Sampai akhir tahun 2021, BSI menargetkan tiga juta pengguna baru BSI Mobile dan juga target fee based sebesar Rp 532 miliar dari transaksi e-channel. Jumlah Pengguna BSI Mobile sampai dengan tanggal 17 Agustus 2021 sebanyak lebih dari 2,7 juta user atau meningkat 79,4 persen sejak awal 2021 secara yoy, dengan pertumbuhan user aktif mencapai lebih dari 1,1 juta nasabah atau meningkat sebanyak 92,5 persen secara yoy. 

Berdasarkan data posisi Juli 2021, transaksi mobile banking merupakan kontributor fee-based income terbesar. Secara performance fee based mobile banking terjadi peningkatan sebanyak Rp 12,9 miliar atau naik 71,85 persen sejak awal 2021 secara yoy.

Baca juga : BI Dan Jepang Perkuat Transaksi Pakai Rupiah Dan Yen

Dikatakan Hery, peningkatan tersebut juga didorong oleh tingginya aktivitas transaksi pembayaran belanja yang dilakukan nasabah BSI di e-commerce, seperti Tokopedia dan Shopee mengalami kenaikan sebesar triple digit selama Juli 2021 yoy. 

"Di sisi lain, transaksi top up e-wallet di antaranya GoPay juga mengalami kenaikan triple digit dan transaksi OVO naik double digit secara tahunan," jelasnya. 

BSI meluncurkan inovasi digital untuk menghadirkan kemudahan layanan keuangan bagi nasabah dan masyarakat, termasuk membuka rekening secara online (digital onboarding) melalui fitur ‘Biometric-Face Recognition’ di aplikasi BSI Mobile.

Baca juga : Hut RI Ke 76, Kapolri Targetkan Vaksinasi Covid Capai 70 Persen

Dengan fitur anyar ini, calon nasabah BSI kini dapat membuka rekening tabungan dengan durasi kurang dari 5 menit, tentunya lebih cepat, mudah dan seamless. Terobosan ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan lebih kepada para calon nasabah BSI. 

"Melalui kehadiran inovasi digital tersebut, BSI menargetkan pembukaan rekening online mencapai 1 juta nasabah," ujar Hery. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.