Dark/Light Mode

Heboh Bear Brand, IDI Proaktif Sampaikan Edukasi

Rabu, 7 Juli 2021 22:30 WIB
Ketua IDI dr Adib Khumaidi. (Foto: Youtube)
Ketua IDI dr Adib Khumaidi. (Foto: Youtube)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) angkat bicara soal ramainya isu bear brand yang ramai diborong masyarakat karena disebut bisa melawan Covid-19. Ketua IDI dr Adib Khumaidi menyebut, semua susu sama saja.

"Bear brand saya nggak tahu dimulai dari siapa, tapi pasien saya yang sakit tipes demam berdarah bilang, 'setelah minum susu beruang jadi enak dok'. Padahal semua susu sama," ujarnya dalam dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Rakyat Merdeka, Rabu (7/7).

Baca juga : Hore, BST Diperpanjang 2 Bulan, Diskon Listrik Sampai September

"Jadi jangan panic buying mengikuti info yang tidak ada dasarnya," imbuhnya.

Adib bilang, pandemi Covid-19 memunculkan berbagai mitos dan isu hoaks. Masyarakat harus diberikan penjelasan agar tidak termakan.

Baca juga : Menko Airlangga: Butuh Kesadaran Dan Upaya Kolektif Hadapi Pandemi

"Dalam kondisi ini, kami dari IDI dituntut lebih proaktif menyampaikan edukasi, baik secara organisasi maupun secara pribadi. Banyak dokter yang sudah ada di IG, jadi Youtuber, itu dalam rangka proaktif memberikan edukasi," tuturnya.

Adib meminta masyarakat untuk melihat kompetensi seseorang dalam memberikan informasi. Misalnya, jika seorang dokter spesialis penyakit dalam atau penyakit paru berbicara soal Covid-19, maka informasi itu bisa dijadikan referensi yang kuat.

Baca juga : Pertamina Pastikan Dukungan Investor

Jika yang diinformasikan adalah soal susu, maka ahli gizi yang pas untuk menjelaskannya. Masalah obat, ahli farmakologi, ahli farmasi, atau dokter penyakit dalam yang tahu soal itu.

"Itu harus dilihat masyarakat, sehingga bisa memahami sumber mana yag bisa dipercaya. Tidak kemudian semua informasi yang ada di medsos, di Youtube diterima mentah-mentah semua," imbau Adib. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.