Dark/Light Mode

Kasus Positif Masih Turun-Naik

Ingat Ya, Sudah Divaksin Tak Berarti Kebal Corona

Kamis, 2 September 2021 06:45 WIB
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Shutterstock/Imilian)
Ilustrasi virus Corona. (Foto: Shutterstock/Imilian)

 Sebelumnya 
Tutup Rusun

Kepala Humas Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kemayoran, Kolonel Mintoro Sumego menerangkan, pihaknya telah menutup rumah susun (Rusun) Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara, dan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan, sebagai tempat isolasi terpusat pasien Covid-19, pada Senin (30/8). Penutupan dilakukan karena jumlah pasien terus berkurang, sehingga tidak ada lagi pasien di dua lokasi isoter tersebut.

“Di Rusun Nagrak tidak ada lagi pasien. Kemudian, pasien di Pasar Rumput yang tinggal sedikit, kami pindahkan ke Wisma Atlet Kemayoran,” katanya di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Kasus Positif Naik 673, Positivity Rate DKI 4,5 Persen

Sejak beroperasi dari 18 Juni sampai 30 Agustus 2021, Rusun Pasar Rumput sudah merawat 1.094 pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan. Dan, semua pasien sembuh. Sedangkan Rusun Nagrak telah merawat 9.419 pasien Covid-19 tanpa gejala dan gejala ringan, semuanya juga sembuh.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan) I, Kolonel Marinir Aris Mudian menuturkan, penutupan Rusun Nagrak berdasarkan hasil rapat koordinasi antara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Penanganan Covid-19, Rumah Sakit Darurat Covid-19 Rusun Nagrak, dan Pemprov DKI.

“Nanti, apabila ada lonjakan kasus positif, Rusun Nagrak akan dioperasionalkan kembali,” katanya.

Baca juga : Kasus Covid Turun, Kapolri Ingatkan Warga Jangan Euforia

Dia merinci, RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, kini hanya merawat 1.122 pasien Covid-19 atau 15 persen dari total 7.894 tempat tidur yang tersedia.

“Sejauh ini para pasien yang bergejala ringan hingga sedang tengah dirawat di Tower 4, 5, 6, dan 7. Terdiri dari pasien laki-laki 518 orang dan pasien perem­puan sebanyak 604 orang. Sebelumnya jumlah pasien 1.185 orang, sekarang berkurang 63 orang,” ungkap Aris.

Sejak RSDC Wisma Atlet Kemayoran beroperasi pada 23 Maret 2020, total pasien di rawat mencapai 126.856 orang. Dan, sebanyak 125.734 orang telah keluar dari RSDC Wisma Atlet dengan perincian sembuh sebanyak 124.120 orang, dirujuk ke RS lain sebanyak 1.020 orang, sementara pasien yang meninggal dunia 594 orang. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.