Dark/Light Mode

Tuntaskan Rencana Pembangunan MRT Fase 2

Hadiri U20 Mayors Summit di Jepang, Besok Anies Sudah di Jakarta

Selasa, 21 Mei 2019 03:43 WIB
Gubernur DKI Jakarta dalam pertemuan U20 Mayors Summit di Jepang, Senin (20/5). (Foto: Humas Pemprov DKI)
Gubernur DKI Jakarta dalam pertemuan U20 Mayors Summit di Jepang, Senin (20/5). (Foto: Humas Pemprov DKI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Usai menghadiri U20 Mayors Summit dan merayakan Hubungan Persahabatan Kota Tokyo-Jakarta ke-20, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan djadwalkan langsung menuju Jakarta pada hari ini, Selasa (21/5).

Dengan demikian, Rabu (22/5) besok, Anies sudah berada di Jakarta.

Dalam U20 Mayors Summit yang merupakan platform diskusi dari kota-kota peserta G20, Anies tampil sebagai pembicara di tiga acara berbeda pada Senin (20/5), dan menjadi panelis sesi pertama tentang Climate Action pada hari ini, Selasa (21/5).

Baca juga : Menpora Harap Pelatnas Sea Games Segera Berjalan

Dalam sesi tersebut, Anies akan memaparkan rencana aksi Kota Jakarta dalam menurunkan emisi gas rumah kaca, dengan melibatkan partisipasi masyarakat seperti Program Kampung Iklim, Bank Sampah, Pertanian Kota, dan Pemberdayaan Ibu Rumah Tangga.

Dalam rangkaian pertemuan ini, Gubernur Anies dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Lingkungan Hidup, Wakil Menteri Pertanahan, Infrastruktur, Perhubungan dan Pariwisata, Wakil Presiden JICA, Sekretaris Jenderal UCLG World, C40 Ambassador, dan perwakilan IFC.

Salah satu agenda penting dalam kunjungan ini adalah penuntasan pembicaraan tentang pembangunan MRT di fase kedua.

Baca juga : Pansus Wagub DKI Targetkan Bulan September Sudah ada Calon

U20 merupakan platform diskusi para pemimpin kota untuk menyuarakan pesan kolektif dan solusi inklusif kepada para pemimpin G20, tentang peran signifikan kota dalam pembangunan berkelanjutan.

Tiga topik utama dalam pembahasan agenda U20 adalah Climate Action, Social Inclusion and Integration, dan Sustainable Economic Growth.

Hasil dari inisiatif U20 adalah Communique, yaitu rekomendasi konkrit kepada pemimpin G20 tentang bagaimana U20 dapat mendukung kota mengimplementasikan agenda prioritas U20.

Baca juga : Benih Kentang dan Krisan, Usaha Agribisnis Menjanjikan Masyarakat Gowa

Dalam pertemuan bergengsi ini, para pemimpin kota secara simbolis akan menyerahkan Communique kepada Perdana Menteri Shinzo Abe selaku ketua dan tuan rumah penyelenggaraan G20 Tahun 2019. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.