Dark/Light Mode

Pansus Wagub DKI Targetkan Bulan September Sudah ada Calon

Senin, 20 Mei 2019 16:32 WIB
Rapat perdana Pansus DPRD DKI Jakarta, Senin (20/5). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).
Rapat perdana Pansus DPRD DKI Jakarta, Senin (20/5). (Foto: Marula Sardi/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Khusus (Pansus) Wakil Gubernur DPRD DKI Jakarta mengelar rapat perdana membahas pemilihan pengganti Sandiaga Salahuddin Uno.

Wakil Ketua Pansus Wagub DKI Bestari Barus mengatakan akan merumuskan kembali tata tertib pemilihan. Ia sudah mendapatkan pedoman dari Kementerian Dalam Negeri untuk menyusun aturan tersebut.

Baca juga : Lukman Senasib dengan Nahrawi

"Untuk besok akan mulai rapat-rapat pembahasan draft tatib, yang sudah ada tinggal kami kembangankan sesuai kebutuhan," kata Besmenteri tari di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (20/5). Politikus Partai NasDem ini menargetkan penyusunan tata tertib selesai dalam satu bulan.

Setelah itu, pihaknya akan memilih panitia pemilihan dan saksi. "Dalam satu bulan ini kelar, setelah itu tinggal pelaksanaan aja. Kalau Panlih kan teknis aja, tinggal siapin white board, surat suara, gitu. Kalau tatibnya sebulan cukup lah atau satu satu setengah bulan karena kepotong lebaran," ujar dia.

Baca juga : Mari Rekatkan Kembali Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Anggota komisi D ini optimistis pemilihan wagub selesai sebelum pergantian anggota DPRD yang baru. Artinya, DPRD harus gesit mencari pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelum September 2019.

Rapat perdana tadi dihadiri sejumlah anggota pansus, seperti Ferial Sofyan dari fraksi Demokrat-PAN, Asyraf Ali dari Fraksi Golkar, dan Mohon Taufik dari Fraksi Gerindra. Lalu Suhaimi dari fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Gembong Warsono dari PDI Perjuangan, dan Plt Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.