Dark/Light Mode

Pastikan Hewan Dalam Kondisi Sehat

Ragunan Sedang Bersolek Menyambut Wisatawan...

Selasa, 12 Oktober 2021 07:00 WIB
Taman Margasatwa Ragunan (TMR). (Foto: Istimewa)
Taman Margasatwa Ragunan (TMR). (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Masih Virtual

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengajak warga Jakarta berwisata via virtual. Dijelaskannya, melalui akun instagram resmi TMR, @ragu­nanzoo, pengelola melakukan siaran langsung satwa-satwa yang ada di Ragunan. “Siaran langsung atau live streaming dilakukan seminggu sekali, setiap Kamis pukul 09.00 WIB atau 10.00 WIB,” ungkapnya.

Setiap live streaming Instagram, TMR menampilkan satwa yang berbeda-beda. Tak cuma menampilkan tingkah lucu para satwa, pengelola dengan detail menyampaikan informasi seputar satwa. Misalnya seperti dilihat pada Kamis (7/9), TMR menayangkan satwa Nilgai. TMR punya koleksi 8 ekor Nilgai.

Baca juga : KPK Tegaskan Nggak Bakal Lindungi 8 Orang Bekingan Azis Syamsuddin

“Delapan ekor Nilgai sehat semua dan pakannya terpenuhi,” ujar salah satu pembawa acara dalam live streaming tersebut.

Meski masih tutup, tambah Wahyudi, kondisi satwa yang ada di kebun binatang ini dalam kondisi baik. Sebab, secara rutin petugas melakukan pemeriksaan dan pembersihan area Ragunan.

Dia menegaskan, pihaknya sudah siap menyambut wisatawan. “Pada dasarnya, kami sudah siap dari beberapa waktu lalu. Kapan pun ada perintah buka, kami sudah siap untuk itu,” ujarnya.

Baca juga : KPK Akan Dalami Peruntukan Uang Suap Bupati Kolaka Timur

Wahyudi mengaku, belum mengetahui regulasi terbaru jika dilakukan pembukaan. Hanya satu yang bisa dipastikannya, yakni setiap pengunjung harus sudah divaksinasi dan mengakses aplikasi PeduliLindungi.

“Tapi kalau terkait batas jumlah, usia, hingga domisili pengunjung, masih harus menunggu keputusan Pemprov DKI,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemprov menutup TMR ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan sejak 22 Juni lalu. Penutupan dilakukan setelah DKI Jakarta menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat yang kemudian berganti menjadi PPKMLevel 4 kala itu. Sebelum ditutup total dan sempat buka sebelum gelombang kedua pandemi Juli lalu, hanya warga ber-Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta yang boleh masuk ke TMR. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.