Dark/Light Mode

19 ABK Korban Selamat KM Formosa, Dievakuasi Ke Sibolga

Kamis, 7 Maret 2019 22:32 WIB
Basarnas turut mengevakuasi korban tenggelamnya KM Formosa 12 di Perairan Nias Selatan. (Foto: Humas Basarnas)
Basarnas turut mengevakuasi korban tenggelamnya KM Formosa 12 di Perairan Nias Selatan. (Foto: Humas Basarnas)

RM.id  Rakyat Merdeka - 19 ABK korban tenggelamnya KM Formosa 12 di Perairan Nias Selatan, akhirnya dievakuasi oleh KN SAR Yudhistira dari Pulao Tello, dan tiba di Dermaga PPN Sibolga Kamis (7/3) pukul 13.25 WIB.

Seluruh korban selamat telah dikembalikan kepada pemilik KM Formosa 12 dan keluarga korban. Kedatangan KN SAR Yudhistira di Dermaga Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga, disambut Muspika Kota Sibolga. Di antaranya, BASARNAS, Lanal dan Polairud.

Baca juga : Imbas Longsor Di Gowa, 2 Desa Masih Terisolasi

Sebelumnya kecelakaan kapal yang dialami KM Formosa 12 bermula,  saat kapal berpenumpang 20 orang itu, berlayar dari Sibolga ke Pulau Lambak, pada Sabtu (2/3) pukul 06.00 WIB. Saat itu, cuaca hujan disertai angin kencang.

Salah seorang awak KM Metal 11 yang melihat pada saat kejadian menuturkan, KM Formosa 12 mengalami kebocoran kapal, dan hampir tenggelam. Sehingga, membutuhkan bantuan SAR.

Baca juga : Korban Jiwa Tsunami Selat Sunda Di Lampung Capai 77 Orang

Basarnas yang menerima laporan tersebut, langsung berkoordinasi dengan Lanal Nias dan Muspika lainnya, serta menerjunkan I SRU Personil Pos SAR Nias yang dibantu dengan Kapal Patkamla Lanas Nias, Koordinator Pos SAR Nias, Tonggor Gultom mengatakan, pencarian dilakukan secara maksimal, dengan dibantu beberapa unsur potensi SAR dan masyarakat.

Metode pencarian dilakukan dengan cara menyisir titik terakhir posisi kapal. Sementara itu, Kasi Ops Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan, M. Agus Wibisono menerangkan pada saat itu, upaya pencarian oleh Tim SAR Gabungan terus dilakukan.

Baca juga : Dinas Pariwisata Sleman Hadirkan "Volcano Run 2019"

"Kita juga mengharapkan peran serta potensi SAR dan masyarakat guna kelancaran jalannya operasi SAR," ujar Agus. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.