Dark/Light Mode

Soal Banjir, Wagub Jakarta Bicara Lebih Galak

Liat Noh... Daerah Lain!

Selasa, 16 November 2021 08:57 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza (Foto: Istimewa)
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Misan Samsuri menganggap wajar perbedaan gaya Anies dan Riza dalam melawan para pengkritik banjir. Menurutnya, hal itu merupakan bagian dari psikologi politik seorang pejabat publik. Artinya, Anies dan Riza saling melengkapi.

"Substansinya, saya kira duet kepemimpinan DKI ini sempurna. Salah satu fungsi pejabat publik tentunya menjawab kritik atau pertanyaan publik. Dengan berbagai gaya komunikasinya, kepemimpinan DKI selalu hadir untuk memuaskan publik akan kebutuhan informasi," ulas Misan, saat dihubungi, tadi malam.

Baca juga : Taman Kota Jakarta Barat Disulap Jadi Penampungan Air Banjir

Soal banjir, politisi Demokrat itu tak segan mengapresiasi target penanganan yang dilakukan Pemprov DKI. Dia melihat, kerja Anies mengendalikan banjir terbukti.

"Berharap tidak ada banjir sama sekali di DKI sama saja ngimpi di siang bolong. Waktu saya kecil, sewaktu Bambu Apus masih jarang bangunan saja, banjir sudah rutin terjadi. Apalagi sekarang," ucapnya.

Baca juga : Anies Melawan Kritik Dengan Kata Dan Data

Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Oman Rohman Rakinda menilai, meski lebih galak, komunikasi yang ditampilkan Riza sangat bagus. "Wagub dengan sikapnya menunjukkan posisinya seiring sejalan dengan Pak Anies," katanya.

Oman menilai, persiapan penanganan banjir tahun ini lebih baik. Mulai dari gerebek lumpur sejak April 2021, penyiapan rumah pompa, sampai kesiapan mitigasi bencana banjir.

Baca juga : Korban Meninggal Banjir Bandang Kota Batu Bertambah Jadi 6 Orang

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mencoba mengulas kenapa Anies dan Riza punya gaya berbeda. Kata dia, Anies berlatar belakang cendekiawan, sudah terbiasa memaparkan alasan dengan rasionalitas dan data. Sedangkan Riza seorang politisi, yang terbiasa dengan kata-kata politis.

"Secara sekilas, yang dilakukan Riza Patria terkesan pembelaan. Tetapi, itu baik karena melengkapi cara Anies yang cenderung lemah lembut, bahkan kritikus akan menilai Anies lamban. Di sanalah peran Riza mendorong penjelasan Anies lebih emosional," urai Dedi. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.