Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lepaskan Daerah Dari Kawasan Tertinggal

BKS Target Bandara Mentawai Kelar 2022

Senin, 22 November 2021 06:40 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Mentawai Baru, Sabtu (20/11). (Foto: Kemenhub).
Menhub Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Mentawai Baru, Sabtu (20/11). (Foto: Kemenhub).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan pembangunan Bandara Mentawai Baru di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, rampung Agustus 2022. Pemerintah sudah menyiapkan anggaran Rp 547 miliar untuk pembangunan bandara tersebut.

BKS-sapaan akrab Budi Karya Sumadi, menjelaskan, Bandara Mentawai Baru akan menggantikan bandara eksisting, yaitu Bandara Rokot Sipora.

Karena, saat ini Bandara Rokot Sipora hanya memiliki panjang landas pacu atau runway 850 meter. Sehingga hanya dapat didarati pesawat jenis propeler Grand Caravan.

Baca juga : Resmikan Tomohon Jadi Kota Toleransi, Wapres Ingatkan Pentingnya Menjaga Keutuhan Bangsa

“Landasan pacu baru dibangun agar dapat didarati pesawat lebih besar,” kata BKS saat kunjungan kerja (kunker) ke Bandara Mentawai Baru, akhir pekan kemarin.

Saat ini, progres pembangunannya sudah mencapai sekitar 42 persen.

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini optimistis, dengan kekompakan antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri dan unsur terkait lainnya, bandara ini bisa selesai sesuai rencana, yakni Agustus 2022.

Baca juga : Top, 36 Kabupaten/Kota Terima Penghargaan Swasti Saba 2021

“Kami telah meminta Ditjen Perhubungan Udara dan kontraktor pelaksana pekerjaan untuk mempercepat proses pembangunan dengan menambah SDM, peralatan dan optimalisasi waktu kerja,” ujarnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldi optimistis kehadiran bandara baru akan dapat membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Saya mendukung integrasi antarmoda dari Bandara Internasional Minangkabau hingga Mentawai, yang terhubung baik dengan kereta api, kapal laut maupun pesawat terbang,” ujarnya.

Baca juga : Pemerintah Lobi Arab Saudi

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabaggalet menjelaskan, dengan dibangunnya bandara baru akan mendukung Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk bisa terlepas dari kawasan tertinggal.

Dia mengaku, telah membangun jalan darat Trans Mentawai yang menghubungkan tiga pulau yaitu Siberut, Sipora dan Pagai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.