Dark/Light Mode

Tetap Semangat Mengajar Di Tengah Pandemi

Perjuangan Guru Bikin Mas Menteri Terharu

Jumat, 26 November 2021 07:05 WIB
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021 di Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis(25/11/2021). (Foto: Twitter/Kemdikbud_RI)
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara peringatan Hari Guru Nasional 2021 di Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Kamis(25/11/2021). (Foto: Twitter/Kemdikbud_RI)

 Sebelumnya 
Ditambahkan Nadiem, guru se-Indonesia menginginkan kesempatan adil untuk mencapai kesejahteraan yang manusiawi, akses terhadap teknologi dan pelatihan relevan yang praktis, kurikulum sederhana yang bisa mengakomodasi kemampuan dan bakat setiap murid, serta menginginkan pemimpin sekolah yang berpihak kepada murid, bukan birokrasi.

“Guru se-Indonesia ingin kemerdekaan untuk berinovasi tanpa dijajah oleh keseragaman,” imbuhnya.

Baca juga : Semangat Menggebu, Pram/Yere Bangkit Segel 16 Besar

Sejalan dengan itu, Nadiem menyebutkan, program Merdeka Belajar yang sejak pertama kali dicetuskan Kemendikbudristek, saat ini telah berubah menjadi suatu gerakan.

Menurutnya, gerakan Merdeka Belajar hidup dalam setiap insan guru yang punya keberanian untuk melangkah ke depan menuju satu tujuan utama. Yaitu, mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga : Bappenas Tegaskan Pentingnya Strategi Penguatan Kerja Sama Lintas Sektor Gizi

“Gerakan ini makin kuat karena ujian yang kita hadapi bersama. Contohnya, penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu kebijakan Merdeka Belajar berhasil melahirkan ribuan inovasi pembelajaran,” terang pria berusia 37 tahun ini.

Nadiem pun mengucapkan terima kasih kepada semua guru se-Indonesia atas pengorbanan dan ketangguhannya.

Baca juga : Di Tengah Pandemi, JARI Lanjutkan Pembangunan Berkelanjutan

Dia berjanji tidak akan menyerah untuk memperjuangkan Merdeka Belajar demi kehidupan dan masa depan guru se-Indonesia yang lebih baik. “Terima kasih, Merdeka Belajar ini sekarang milik Anda,” tandas Nadiem. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.