Dark/Light Mode

Tulis Surat Ke Jokowi

LaNyalla Perjuangkan Titah Raja Dan Sultan Nusantara

Minggu, 21 November 2021 07:20 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Dok. DPD RI)
Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. (Foto: Dok. DPD RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) AA LaNyalla Mahmud Mattalitti berjanji akan memperjuangkan Tujuh Titah Raja dan Sultan Nusantara hasil Deklarasi Sumedang. Salah satu caranya, LaNyalla akan mengirim surat khusus ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Surat tersebut dibuat setelah Raja dan Sultan Nusantara memberi mandat untuk memperjuangkan eksistensi Kerajaan dan Kesultanan di Nusantara. “Saya telah menyiapkan satu surat khusus untuk Presiden Jokowi terkait Tujuh Titah Raja dan Sultan Nusantara,” ujar LaNyalla saat menerima gelar kehormatan adat di Kerajaan Muna, Sulawesi Tenggara, kemarin.

Baca juga : Jokowi Minta Pertamina Dan PLN Siapkan Transisi Energi

Selain surat, sambung dia, dirinya juga akan menyampaikan secara langsung seluruh aspirasi Raja dan Sultan Nusantara kepada Presiden Jokowi. “Saya menunggu momentum untuk menyampaikan aspirasi para Raja dan Sultan secara langsung kepada Presiden,” imbuhnya.

Senator asal Jawa Timur (Jatim) ini menguraikan, terdapat tiga poin penting yang menjadi domain pemerintah dalam Tujuh Titah Raja dan Sultan Nusantara. Pertama, revitalisasi Kerajaan dan Kesultanan Nusantara. Kedua, keterlibatan aktif kementerian dan lembaga dalam penguatan budaya Nusantara.

Baca juga : Forum G20, Menkominfo Ajak Pelaku Industri Perjuangkan Kepentingan Nasional

Ketiga, lanjut dia, mendorong pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten dan kota untuk melibatkan Kerajaan, serta Kesultanan Nusantara dalam penyusunan rencana pembangunan daerah. “Saya akan memperjuangkan semua amanat para Raja dan Sultan Nusantara dalam Deklarasi Sumedang,” tegas LaNyalla.

LaNyalla menambahkan, dirinya juga telah berkomitmen kepada Raja dan Sultan Nusantara, untuk menjadikan DPD sebagai saluran aspirasi mereka. Karenanya, ia terus berkeliling Indonesia, mendatangi satu per satu Kerajaan dan Kesultanan di Nusantara untuk menggugah kesadaran semua elemen bangsa.

Baca juga : Billy Mambrasar: Jokowi Sangat Cinta Rakyat Papua

“Bangsa ini adalah bangsa yang besar. Sebab, bangsa ini dilahirkan oleh peradaban yang unggul dan tercatat dalam sejarah dunia, yakni peradaban Kerajaan dan Kesultanan Nusantara,” tegas dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.