Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangkan Startup Digital, Kominfo Siap Fasilitasi Sinergitas Ekosistem

Rabu, 17 November 2021 18:48 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Foto : Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Foto : Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengembangan ekosistem startup digital menjadi kunci percepatan transformasi digital Indonesia. Hal ini  diperlukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di seluruh wilayah Tanah Air.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, menyatakan Kominfo siap memfasilitasi sinergitas ekosistem digital di Indonesia untuk memperkuat startup digital di Indonesia.

"Sinergitas dan kolaborasi menjadi prinsip penting dalam transformasi digital sehingga dapat menempatkan Indonesia sebagai changer di pasar ekonomi dunia dan mendorong penguasaan teknologi mutakhir untuk seluruh putra-putri anak bangsa Indonesia," ujarnya dalam Demo Day HUB.ID 2021 di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Rabu (17/11/2021).

Baca juga : Operasikan Kapal Secara Digital, Pertamina Trans Kontinental Terapkan Sistem TCMS

Menurut Menteri Johnny, dalam mengembangkan startup digital Indonesia diperlukan adanya dorongan percepatan melalui akses network yang lebih luas. Lewat Program HUB.iD, Kementerian Kominfo terus berupaya memfasilitasi pelaku startup digital berkolaborasi dengan inovator dan investor. 

“Hadirnya program HUB.ID sebagai salah satu jawaban untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi dari para inovator dalam menghadirkan terobosan di ekosistem ekonomi digital Indonesia,” ujarnya. 

Adapun program yang diselenggarakan adalah HUB.ID yang dirancang sebagai business matchmaking untuk mempertemukan startup digital dengan pihak strategi bisnis serupa.

Baca juga : Kembangkan 35 Startup Di Jabar, Inggris Gelontorkan Rp 500 Miliar

HUB.ID membuka ruang bagi startup untuk memperoleh akses pendanaan kerja sama bisnis dan kemitraan. Hal itu berlangsung dalam empat tahapan, yakni speed mentoring, business matchmaking, networking, dan demo day atau sesi presentasi.

Selain HUB.ID, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo juga menyiapkan fasilitasi untuk pelaku startup digital berupa Sekolah Beta, 1000 Startup Digital dan startupstudio.id.

Program Sekolah Beta merupakan tahap awal untuk memberikan pengetahuan dan keahlian mendasar yang dibutuhkan dalam dunia startup digital.

Baca juga : Sesjen MPR Dukung Aplikasi Teknologi Berbasis Elektronik

Selanjutnya, melalui Program 1.000 Startup Digital, Kementerian Kominfo bersama ekosistem berupaya memfasilitasi pencarian dan mengkurasi ide kreatif serta tim untuk membuat produk-produk yang inovatif.

Sebagai informasi, dalam program HUB.ID Kominfo telah memilih 43 startup digial. Masing-masing terbagi dalam tujuh sektor bisnis, yaitu pertanian dan kemaritiman, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan, serta smartcity. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.