Dark/Light Mode

Ini Pemenang Kompetisi JDC dan Desain Maskot JAGA KPK

Minggu, 28 November 2021 19:07 WIB
Para pemenang kompetisi JDC dan Desain Maskot JAGA. (Foto: Humas KPK)
Para pemenang kompetisi JDC dan Desain Maskot JAGA. (Foto: Humas KPK)

 Sebelumnya 
KPK pada 22 September hingga 25 November 2021 menggelar kompetisi JDC dan Desain Maskot JAGA untuk mengajak masyarakat memanfaatkan data pelayanan publik sebagai upaya pencegahan korupsi.

Melalui kegiatan ini, KPK berharap dapat meningkatkan literasi masyarakat tentang pengolahan data pelayanan publik. Sehingga menjadi informasi penting dalam upaya pencegahan ataupun deteksi dini korupsi dengan memanfaatkan situs dan aplikasi Jaringan Pencegahan Korupsi (JAGA) KPK.

Baca juga : Presidensi G20, Pemerintah Bakal Gandeng Komunitas Media Nasional Dan Internasional

JAGA adalah sebuah platform digital berbasis mobile yang diinisiasi oleh KPK bekerja sama dengan kementerian dan lembaga.

Platform tersebut menyajikan data seputar informasi pelayanan publik dengan lima menu utama, yaitu sektor pendidikan, desa, kesehatan, perizinan, dan penanganan Covid-19.

Baca juga : Zulhas Ingatkan Pentingnya Komunikasi Pusat Dan Daerah

Dengan lima menu ini, masyarakat dapat mengakses informasi sekaligus menyampaikan keluhan terkait pelayanan publik tersebut.

Sejak diluncurkan pada tahun 2016 sampai dengan saat ini, kata Ipi, JAGA telah mengumpulkan lebih dari 400 ribu profil sekolah dan informasi lainnya di bidang pendidikan.

Baca juga : Bahas Izin Pengamanan Kompetisi, PSSI Dan Polri Serta Aspov Teken Kerja Sama

Selain itu, juga terdapat 13 ribu profil rumah sakit dan puskesmas, serta 74 ribu profil desa di seluruh Indonesia. "Untuk mengakses JAGA, masyarakat dapat mengunduhnya pada Play Store dan App Store atau melalui situs JAGA.ID," tandas Ipi. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.