Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

KPK Kasih Pembekalan Antikorupsi Kepada Pejabat Kemendag

Jumat, 8 Oktober 2021 20:58 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan penguatan integritas untuk para penyelenggara negara (PN) Kemendag, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (8/10).
Ketua KPK Firli Bahuri saat memberikan penguatan integritas untuk para penyelenggara negara (PN) Kemendag, di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (8/10).

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini kembali memberikan penguatan integritas untuk para penyelenggara negara (PN).

Mengusung tema "Tancapkan Integritas dalam Tiap Langkah Tugas, program Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintegritas atau Paku Integritas", penguatan integritas kali ini diberikan kepada jajaran Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Kegiatan Executive Briefing tersebut diikuti Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Suhanto, dan Inspektur Jenderal (Irjen) Didid Noordiatmoko.

Kemudian, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Oke Nurwan, Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Veri Anggrijono, Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Witjaksono.

Baca juga : KPK Ajak Sivitas Akademika Bangun Budaya Integritas

Hadir juga Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kasan, dan Kepala Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Indrasari Wisnu Wardhana. Semuanya membawa pasangan masing-masing.

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron menjelaskan, program ini dimaksudkan untuk menguatkan integritas para penyelenggara negara dan keluarga. Diharapkan, hal itu dapat menjadi benteng dalam melaksanakan tugas sebagai pembuat kebijakan strategis di lingkungan Kemendag.

"Itulah mengapa program ini melibatkan pasangan penyelenggara negara. Harapannya, keluarga juga berperan dalam mencegah pasangan melakukan korupsi," ujar Ghufron, di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (8/10).

Sementara itu, Ketua KPK Firli Bahuri dalam sambutannya sempat mengingatkan kerawanan korupsi yang disebabkan karena lemahnya sistem.

Baca juga : Dubes Kama Sampaikan Salam Jokowi Kepada Presiden Latvia

Karena itu, selain melakukan penguatan integritas, yang juga penting dilakukan menutup celah korupsi akibat sistem yang buruk.

"Karenanya saya mengimbau lakukan kajian untuk identifikasi sistem-sistem yang lemah untuk diperbaiki, agar tidak ada peluang korupsi," tegas Firli.

Merespon masukan KPK, Mendag Muhammad Lutfi memaparkan upaya-upaya pencegahan korupsi yang telah dilakukan kementeriannya. Dia menyebutkan enam langkah perbaikan sistem untuk pencegahan korupsi di lingkungan Kemendag.

"Hampir semua perizinan di bidang perdagangan sudah online. Hal ini untuk menghindari benturan kepentingan dan untuk mempercepat pelayanan kepada pelaku usaha," ujarnya.

Baca juga : BPN Peringatkan Soal Modus Pejabat Pembuat Akta Tanah Bodong

Upaya lainnya, sebut Lutfi, terkait dengan transparansi dalam proses pengadaan barang dan jasa, penguatan sistem pengendalian intern, pembangunan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBK/WBBM).

Juga, pengendalian gratifikasi, dan kerja sama terkait pengaduan Whistle blowingSystem (WBS) dengan KPK.

Sedangkan untuk penguatan integritas pegawai, Lutfi menjelaskan, Kemendag telah menerapkan budaya kerja PROMISE (Profesional, Melayani, Integritas, Inovasi dan Sinergi yang diselaraskan dengan budaya kerja ASN Ber-AKHLAK.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.