Dewan Pers

Dark/Light Mode

Waspadai Varian Omicron, Tutup Perjalanan Internasional

Senin, 29 November 2021 08:00 WIB
Ilustrasi Bandara. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Bandara. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan virus Corona varian B.1.1.529 atau Omicron sebagai “varian yang mengkhawatirkan” (variant of concern/ VOC) pada Jumat (26/11). Varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini disebut-sebut 5 kali lebih menular daripada virus Corona asli yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China 2019 lalu.

Pandemictalks mengunggah meme virus Corona. Di dalamnya ada peringatan tentang pembatasan perjalanan dari luar negeri jangan sampai terlambat. Saat ini, virus Corona varian Omicron tersebut sudah terdeteksi di 5 negara. Yaitu, Hongkong, Belgia, Israel, Belanda, dan Jerman.

Menurut Pandemictalks, kunci antisipasi persebaran Omicron ada pada empat hal. Yaitu, pembatasan perjalanan internasional, mewaspadai mobilitas penduduk, disiplin protokol kesehatan (prokes), memperkuat testing dan tracing serta vaksinasi.

“Takut jangan, waspada iya. Jumawa jangan, waspada iya. Lebih baik waspada, karena tidak ada yang salah dengan bersikap waspada,” ujar Pandemictalks.

Berita Terkait : Singapura Dan Thailand Perketat Pintu Masuk

Netizen kompak meminta Pemerintah segara menutup perjalanan udara dari negara-negara yang terpapar varian Omicron. Hal itu dilakukan agar fasilitas kesehatan (faskes) tidak kembali tumbang seperti varian Delta sebelumnya.

“Segera tutup, jangan terlambat lagi. Bangkrut ini negara kalau kasus Covid-19 tembus 40 ribu dalam sehari. Jangan sampai fasilitas kesehatan tumbang lagi,” saran @orang_suci.

“Segera tutup pintu perjalanan dari negara terdampak, semua masyarakat sudah tahu seperti apa Covid-19 varian Delta dulu penyebaranya,” sambung @Akarwi.

Akun @Bezema mendesak Pemerintah menutup pintu masuk internasional sekarang juga. Kata dia, negara tetangga sudah menutup pintu untuk orang-orang dari Africa dan negara sekitar.

Berita Terkait : Cegah Varian Omicron, Masa Karantina WNA-WNI Dari LN Jadi 7 Hari

“Kita jangan selalu telat untuk tutup pintu,” katanya.

Senada dilontarkan @Indra_Yanto. Kata dia, intinya saat ini adalah Pemerintah harus menyetop sementara perjalanan dari luar negeri dari negara manapun agar Indonesia aman dan tidak kecolongan lagi.

“Dan yang penting lagi kantor imigrasi jangan gara-gara uang buyar semuanya dan memperlonggar pengawasan,” katanya.

Akun @Mikel_Agustino menimpali. Kata dia, menutup pendatang dari Afrika Selatan (Afsel) memang solusi cepatnya. Namun, kata dia, saat ini virus tersebut sudah masuk negara-negara Eropa. Indonesia, kata dia, tidak mungkin menutup semua perjalanan dari Eropa.

Berita Terkait : Antisipasi Penyebaran Omicron, RI Batasi Perjalanan WNA Dari 8 Negara Afrika

“Tidak mungkin juga menutup pendatang dari seluruh negara Eropa, dampaknya bakalan merembet ke mana-mana,” ujarnya.

“Karantina dari luar negeri harus kembali diperpanjang dan tidak cukup hanya dengan tiga hari,” desak @eryulianti.
 Selanjutnya