Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Waspadai Varian Omicron, Tutup Perjalanan Internasional

Senin, 29 November 2021 08:00 WIB
Ilustrasi Bandara. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Bandara. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan virus Corona varian B.1.1.529 atau Omicron sebagai “varian yang mengkhawatirkan” (variant of concern/ VOC) pada Jumat (26/11). Varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan ini disebut-sebut 5 kali lebih menular daripada virus Corona asli yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China 2019 lalu.

Pandemictalks mengunggah meme virus Corona. Di dalamnya ada peringatan tentang pembatasan perjalanan dari luar negeri jangan sampai terlambat. Saat ini, virus Corona varian Omicron tersebut sudah terdeteksi di 5 negara. Yaitu, Hongkong, Belgia, Israel, Belanda, dan Jerman.

Menurut Pandemictalks, kunci antisipasi persebaran Omicron ada pada empat hal. Yaitu, pembatasan perjalanan internasional, mewaspadai mobilitas penduduk, disiplin protokol kesehatan (prokes), memperkuat testing dan tracing serta vaksinasi.

“Takut jangan, waspada iya. Jumawa jangan, waspada iya. Lebih baik waspada, karena tidak ada yang salah dengan bersikap waspada,” ujar Pandemictalks.

Baca juga : Simak, 6 Fakta Teranyar Soal Varian Omicron Versi WHO

Netizen kompak meminta Pemerintah segara menutup perjalanan udara dari negara-negara yang terpapar varian Omicron. Hal itu dilakukan agar fasilitas kesehatan (faskes) tidak kembali tumbang seperti varian Delta sebelumnya.

“Segera tutup, jangan terlambat lagi. Bangkrut ini negara kalau kasus Covid-19 tembus 40 ribu dalam sehari. Jangan sampai fasilitas kesehatan tumbang lagi,” saran @orang_suci.

“Segera tutup pintu perjalanan dari negara terdampak, semua masyarakat sudah tahu seperti apa Covid-19 varian Delta dulu penyebaranya,” sambung @Akarwi.

Akun @Bezema mendesak Pemerintah menutup pintu masuk internasional sekarang juga. Kata dia, negara tetangga sudah menutup pintu untuk orang-orang dari Africa dan negara sekitar.

Baca juga : DPR Butuh Lebih Banyak Fadli Zon

“Kita jangan selalu telat untuk tutup pintu,” katanya.

Senada dilontarkan @Indra_Yanto. Kata dia, intinya saat ini adalah Pemerintah harus menyetop sementara perjalanan dari luar negeri dari negara manapun agar Indonesia aman dan tidak kecolongan lagi.

“Dan yang penting lagi kantor imigrasi jangan gara-gara uang buyar semuanya dan memperlonggar pengawasan,” katanya.

Akun @Mikel_Agustino menimpali. Kata dia, menutup pendatang dari Afrika Selatan (Afsel) memang solusi cepatnya. Namun, kata dia, saat ini virus tersebut sudah masuk negara-negara Eropa. Indonesia, kata dia, tidak mungkin menutup semua perjalanan dari Eropa.

Baca juga : Singapura Dan Thailand Perketat Pintu Masuk

“Tidak mungkin juga menutup pendatang dari seluruh negara Eropa, dampaknya bakalan merembet ke mana-mana,” ujarnya.

“Karantina dari luar negeri harus kembali diperpanjang dan tidak cukup hanya dengan tiga hari,” desak @eryulianti.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.