Dark/Light Mode

BIN Vaksinasi Di 14 Provinsi, Dari Mall Sampai Ke Pulau Terpencil

Hadapi Nataru Makin Tenang

Rabu, 8 Desember 2021 08:10 WIB
Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan (BG) memantau langsung vaksinasi Covid-19. BG terus gaspol melakukan vaksinasi sampai ke pelosok-pelosok dan pulau-pulau terpencil. (Foto: Humas BIN)
Kepala BIN, Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan (BG) memantau langsung vaksinasi Covid-19. BG terus gaspol melakukan vaksinasi sampai ke pelosok-pelosok dan pulau-pulau terpencil. (Foto: Humas BIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru kali ini, kita bisa lebih tenang dibanding tahun lalu. Selain kasus aktif Covid-19 yang terus melandai, capaian vaksinasi di tanah air juga cukup tinggi. Di Pulau Jawa, 76 persen penduduknya sudah menjalani vaksinasi dosis pertama dan 56 persen sudah disuntik dosis kedua. Ditambah lagi dengan berbagai riset yang menyebut bahwa tingkat kekebalan orang Indonesia sudah tinggi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun sejumlah epidemiologi masih optimis, vaksinasi jadi senjata ampuh melawan virus Corona. Termasuk melindungi diri dari serangan varian baru (Omicron) yang saat ini tengah meneror dunia, karena kecepatan penularannya.

Alasan itu juga membuat pemerintah terus mengebut capaian vaksinasi di seluruh Indonesia. Salah satu lembaga negara yang terus gaspol melakukan vaksinasi itu adalah Badan Intelijen Negara (BIN). Lembaga yang dipimpin Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan itu, memang sejak awal ikut terlibat dalam percepatan vaksinasi, bahkan semakin agresif menjangkau berbagai lapisan masyarakat dari berbagai daerah.

Baca juga : Yang Tak Divaksin Berisiko Alami Keparahan Covid-19

Kemarin, BIN mengadakan vaksinasi Covid-19 di 14 provinsi. Menariknya, vaksinasi ini digelar di beragam tempat, mulai dari mall, rumah tahanan, hingga ke pulau-pulau terpencil.

Kepala BIN, Budi Gunawan mengatakan, vaksinasi ini guna mendukung program pemerintah dalam percepatan herd immunity. Mantan Wakapolri yang akrab disapa BG ini memastikan, seluruh lapisan masyarakat dapat tersentuh vaksinasi Covid-19.

“Saya pastikan seluruh elemen masyarakat, siapa pun itu, dan di mana pun itu, harus bisa kita jangkau. Supaya target kekebalan komunal di akhir tahun bisa tercapai,” ujar BG, kemarin.

Baca juga : Corona Melandai BIN Tetap Gaspol

14 provinsi yang dipilih BIN untuk gelaran vaksinasi kemarin itu adalah: Sulawesi Utara, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Tengah, DIY, Bangka Belitung, Bali, Gorontalo, Kalimantan Timur, dan Lampung.

Di Sulawesi Utara, BIN membuka gerai vaksinasi di pusat-pusat perbelanjaan atau mall. Vaksinasi digelar di Manado Town Square 3, Star Square Manado, dan Megamall.

“Pengunjung mall yang memiliki kebutuhan untuk berbelanja, tetapi belum divaksin, tidak perlu khawatir tidak bisa masuk. Pengunjung dapat segera memanfaatkan gerai vaksinasi Binda (BIN Daerah) Sulut yang ada di mall,” ucap Kabinda Sulawesi Utara, Laksma TNI Adriansyah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.