Dark/Light Mode

Vaksinasi Covid Dosis Ketiga Dimulai Januari 2022

Tahun Baru Siap-siap Di-booster

Kamis, 9 Desember 2021 06:25 WIB
Ilustrasi vaksin booster Moderna. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi vaksin booster Moderna. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah bakal menyediakan vaksin Covid-19 dosis ketiga alias booster mulai Januari 2022. Vaksinasi ini diputuskan berbayar. Hanya sekitar 100 juta orang saja yang digratiskan.

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, vaksinasi booster akan berjalan pararel di semua provinsi di Tanah Air.

Menurut Luhut, vaksinasi booster akan diperoleh sebagian masyarakat Indonesia secara gratis dan sebagian lagi berbayar. Dia memperkirakan, masyarakat yang gratis sebanyak 100 juta orang.

“Yang lainnya bayar. Harganya, itu nanti Pak Menteri Kesehatan (Budi Gunadi Sadikin) yang akan menyampaikan,” sebut Luhut.

Baca juga : Kapolri Tidak Basa-basi

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kisaran harga vaksin Covid-19 booster di bawah Rp 300 ribu.

“Mulainya dari Pak Luhut ya, dari umur-umur Pak Luhut,” kata Budi.

Netizen mencacat harga vaksin booster Covid-19 sebesar Rp 300 ribuan. Pelaksanaannya akan dilakukan secara pararel di seluruh wilayah Indonesia pada Januari 2022.

“Tahun baru, vaksin baru. Yuk gas, vaksin booster, yang berbayar nggak lebih dari Rp 300 ribu. Yang gratis buat masyarakat penerima bantuan iuran BPJS,” ujar @soen_cak.

Baca juga : Luhut: Vaksin Booster Mulai Januari 2022, Sebagian Gratis, Sebagian Bayar

“Siap-siap vaksin booster Januari 2022, biar lebih aman buat diri sendiri, keluarga dan orang lain,” sambung @mi2_kuro.

Akun @bd_baskoro menyarankan masyarakar yang mau suntik booster terlebih dahulu melakukan Medical Check Up (MCU) lengkap. Hal itu perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini setelah 2 kali suntikan vaksin Covid-19.

“Sebagai medical record pribadi masing-masing dan biaya tanggung sendiri,” katanya.

Menurut @Novelani, vaksin booster dapat mencegah varian Omicron. Saat ini, varian yang ditemukan di Afrika Selatan itu sedang meledak di sejumlah negara Eropa, bahkan sudah sampai ke Asia Tenggara.

Baca juga : Tahun Baru, Beban Baru

“Program vaksin booster akan digelar Januari 2022, ada yang berbayar dan tidak,” kata dia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.