Dewan Pers

Dark/Light Mode

Menkominfo Ungkap 10 Tren Lapangan Kerja Baru Di Bidang Digital

Kamis, 9 Desember 2021 18:25 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Foto : Kominfo)
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate. (Foto : Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menginginkan lulusan Sekolah Tinggi Multi Media “MMTC” Yogyakarta dapat memanfaatkan peluang pekerjaan di sektor industri teknologi digital.

Ke depan, menurut Menkominfo ada tren 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan meningkat di Indonesia

STMM saya harapkan mampu merespons dengan tangkas proyeksi (pekerjaan baru), dengan penyiapan sumberdaya yang padu dengan kebutuhan sumberdaya manusia nasional di era digital ini,” ujarnya dalam orasi ilmiah Wisuda STMM 2021 secara virtual, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/12).

Mengutip Laporan The Future of Job yang dirilis World Economic Forum Tahun 2021, Menteri Johnny menyatakan perkembangan inovasi dari utilisasi teknologi digital memunculkan tren 10 jenis pekerjaan baru dengan permintaan makin meningkat di Indonesia. 

Berita Terkait : Kominfo Apresiasi Upaya Jaga Ruang Digital

“10 jenis pekerjaan itu antara lain: data analyst and scientist, big data specialist, artificial intelligence dan machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist, renewable energy engineer, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration manager, serta business development professional,” paparnya.

Menghadapi era revolusi industri 4.0, Menkominfo selalu mendorong terciptanya talenta digital yang memiliki kualitas internasional.

Oleh karena itu, Menteri Johnny mendorong kolaborasi bertaraf internasional agar ekosistem di Indonesia mampu memasuki revolusi industri dengan lebih cepat dan terarah. 

“Untuk itu, saya berpesan agar STMM mampu memulai kerjasama dan sinergi dengan berbagai perguruan tinggi kelas dunia, agar STMM dapat menjadi perguruan tinggi yang makin terdepan,” ujarnya.

Berita Terkait : Menkominfo Gandeng Kadin Percepat Transformasi Digital

Menkominfo menekankan agar STMM dapat mengembangkan kolaborasi dengan perguruan tinggi nasional dan global terkemuka.

“Perjalanan menuju kesiapan tersebut hendaknya dilakukan secara kolaboratif, baik dengan perguruan tinggi nasional maupun dengan perguruan tinggi di tingkat internasional, perguruan tinggi terkemuka lain di tingkat global,” jelasnya.

Menteri Johnny juga memberikan dukungan kepada STMM Yogyakarta agar mampu dan terus meningkatkan pengembangan SDM digital nasional yang adaptif, tangkas, dan dapat diandalkan

Kepada wisudawan, Menkominfo mendorong agar ilmu, pengalaman dan keahlian serta asas-asas Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah diperoleh selama masa studi dapat menjadi bekal dan pedoman dalam perjalanan karier profesional.

Berita Terkait : Menkominfo Siapkan Infrastruktur TIK Dukung Digitalisasi Ekonomi Syariah

Bahkan, Menteri Johnny mengharapkan lulusan STMM dapat melahirkan berbagai solusi atas permasalahan yang dihadapi masyarakat. [IPL]