Dewan Pers

Dark/Light Mode

Peduli Erupsi Semeru

Komunitas Punk Hingga Aktivis Galang Donasi Di Jalanan

Minggu, 12 Desember 2021 20:54 WIB
Komunitas anak punk bersama sejumlah aktivis mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) galang donasi untuk korban erupsi Semeru di jalanan. (Foto: Ist)
Komunitas anak punk bersama sejumlah aktivis mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) galang donasi untuk korban erupsi Semeru di jalanan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Erupsi Semeru yang merenggut puluhan nyawa, menenggelamkan ratusan rumah serta melukai ratusan jiwa terus menuai simpati masyarakat.

Sejumlah komunitas bergerak menunjukkan kepeduliannya mulai dari penggalangan donasi dengan mengamen hingga jualan produk yang disisihkan untuk Semeru.

Komunitas anak-anak punk yang selama ini mendapat sorotan miring dari masyarakat juga tak ketinggalan menggelar Ngekem (Ngamen Kemanusiaan) bersama sejumlah aktivis mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

"Kami akan menggelar aksi ini hingga Semeru mereda," ujar Kordinator aksi dari Brigade Relawan Nusantara Indonesia Care, Farhan Muhammad yang juga pengurus HMI komisariat UMJ, Minggu (12/12).

Berita Terkait : Tak Terbukti Efektif Berantas Korupsi, Ketua Komnas HAM Minta Hukuman Mati Dihapuskan

Sementara itu, aktivis perempuan yang tergabung dalam Wanita Pertahanan Ideologi Syarikat Islam (Perisai) juga menggelar aksi kepedulian disejumlah titik diantaranya di kawasan Depok dan Bogor, selama dua hari, 11-12 Desember 2021.

Aksi ini sebagai bentuk kepedulian Wanita Perisai atas jatuhnya korban Semeru, terutama wanita dan anak-anak yang sering kurang diperhatikan kebutuhan khususnya saat di pengungsian.

"Bantuan yang mengalir jarang menyentuh kebutuhan khusus seperti pakaian dalam wanita, jilbab, pembalut, peralatan ibadah, susu bayi, pakaian anak, dan lain-lain," ujar Ketua Wanita Perisai Wilayah Depok, Anisya khoiriya Efendi.

Aksi nyata juga dilakukan pengusaha Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) asal Bogor bernama Ayu. Dia menggalang donasi melalui bisnis online kulinernya dengan sistem persentase hasil penjualan. Dirinya sudah berhasil mendonasikan ke Indonesia Care dalam sepekan hingga Rp 2 juta.

Berita Terkait : Bantu Warga Terdampak Erupsi Semeru, Sido Muncul Sumbang Obat-obatan Dan Suplemen

"Alhamdulillah walau sedikit, bisa ikut berbuat bagi mereka yang menderita di pengungsian Semeru," ujar Ayu, selaku warga Rawa Kalong, Gunung Sindur Bogor.

Gayung bersambut, Direktur Program Indonesia Care, Mega Waty menilai positif dan merasa terharu atas sikap dan kepedulian masyarakat untuk kemanusiaan.

"Kami insya Allah salurkan kepada mereka yang menjadi korban. Wanita dan anak-anak menjadi perhatian kami. Selain program psikososial, Indonesia care juga memiliki wadah Indonesia Care Perempuan dan Anak (ICPA). Kita perhatikan suara kebutuhan khusus untuk ibu dan anak yang jadi korban," ujar Mega.

Co-founder Indonesia Care sekaligus Ketua Umum Wanita Perisai itu menrincikan, gerakan donasi selain masuk ke Indonesia Care di Jakarta, juga langsung masuk ke posko Indonesia Care di Lumajang. "Hari ini donasi Natura masuk dari Japfa, berupa makanan instan siap saji," ujar kepala Indonesia Care Jatim, Warang Agung Mandiri di Posko Indonesia Care, Graha KAHMI Lumajang Jalan Srikoyo Kelurahan Kutorenon Kecamatan Sukodono Kabupaten Lumajang.

Berita Terkait : Pantau Erupsi Semeru, Kemendagri Kirim Tim Pendamping Pemerintahan

Pihak PT Suri Tani Pemuka cold storage Banyuwangi (Japfa group) menyampaikan rasa dukacita kepada para korban Semeru. "Kami salurkan bantuan Natura ke Indonesia Care karena saya sudah mengenal dengan personil-personilnya. Insya Allah amanah dan bertanggung jawab," ujar Manajemen Japfa Group, Syaiful Bahtiar.

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa melalui rekening Indonesia Care di BSI 7000-555-292 atau langsung dikirimkan ke posko di Graha KAHMI Lumajang. [BSH]