Dark/Light Mode

Ngobrol Dengan Jokowi

Petani Wonosobo Ungkapkan Manfaat Food Estate

Selasa, 14 Desember 2021 20:20 WIB
Presiden Jokowi saat berdialog dengan petani Lamuk, Kecamatan Kalijajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (14/12). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi saat berdialog dengan petani Lamuk, Kecamatan Kalijajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (14/12). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meninjau lokasi lumbung pangan (food estate) di Desa Lamuk, Kecamatan Kalijajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Selasa (14/12). Dalam kesempatan itu, Jokowi menyempatkan berdialog dengan sejumlah petani setempat.

Dalam dialog tersebut, para petani bersyukur atas keberadaan lumbung pangan yang memberikan banyak manfaat bagi mereka. Mereka menyebut, lumbung pangan tersebut menciptakan kerja sama antara petani dan penyalur (offtaker) yang dapat menjamin kepastian harga cabe.

Baca juga : Kepala Daerah Jadi Panglima Kendalikan Covid Saat Nataru

“Alhamdulillah, sudah cukup bagus kalau untuk pemeliharaan. Cuma di pascapanen kami kebingungan di harga. Sekarang, dengan adanya food estate ini, kami alhamdulillah sangat didukung, Pak. (Cabe kami) dibeli untuk harga sekarang di angka Rp 15 ribu per kilogram,” ucap seorang petani kepada Jokowi, seperti keterangan Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Petani tersebut juga mengatakan, keberadaan lumbung pangan meningkatkan hasil produksi panen cabe dan membuat harga pokok penjualan (HPP) dan lebih seimbang.

Baca juga : Jokowi: Penindakan Hukum Jangan Sasar Yang Heboh Aja

"Kalau dulu, per hektare kami hanya sekitar 6 sampai 7 ton. Sekarang, karena didampingi oleh program food estate ini, bisa mencapai 8 ton per hektarenya. Sementara, penghitungannya kami dari biaya produksi sudah ringan, karena kegunaan kimia sudah dikurangi,” tuturnya.

Para petani juga mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi dalam pembuatan lumbung pangan di wilayah tersebut. Dengan program itu, produksi cabe berkesinambungan. “Cabe di Desa Lamuk, Kabupaten Wonosobo, ini selalu kontinu, selalu ada,” ucapnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.