Dark/Light Mode

Lestarikan Budaya Indonesia

Cicit Presiden Soekarno Gagas Kembalikan Baliku

Sabtu, 18 Desember 2021 21:08 WIB
Cicit Presiden Soekarno Syandria bersama teman-temannya menggagas Program Kembalikan Baliku. (Foto: Ist)
Cicit Presiden Soekarno Syandria bersama teman-temannya menggagas Program Kembalikan Baliku. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kembalikan Baliku merupakan gebrakan budaya untuk melestarikan salah satu budaya Indonesia, yakni budaya Bali. Kegiatan ini diinisiasi oleh Cicit Presiden Soekarno, Syandria bersama para teman-teman.

Syandria mengaku prihatin akan kondisi seni budaya Bali yang semakin tergerus oleh persaingan industri hiburan global. Sehingga seni budaya Bali semakin tidak selaras dengan perkembangan zaman dan kurang mampu menarik minat generasi muda.

"Kembalikan Baliku mencoba hadir untuk merevolusi seni Budaya Bali yang dapat diserap oleh berbagai kalangan, muda hingga tua," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (18/12).

Baca juga : Garuda Indonesia Perluas Penerbangan Kargo Internasional Ke Vietnam

Dia mengungkapkan, pihaknya mencoba menyuarakan semangat pelestarian Seni Budaya Bali melalui ragam seni tari, musik, rias, kuliner hingga pertunjukan.

Kembalikan Baliku mendapat bimbingan langsung dari Guruh Soekarno Putra sebagai Pembina Seni dan mendapuk Nyoman Trianawati sebagai Pelatih Utama.

"Kembalikan Baliku merupakan sebuah titik awal perjuangan generasi muda untuk kembali mencintai budaya negeri, budaya yang sepatutnya kita lestarikan, mulai dari kami, kita kembali," ujar Syandria.

Baca juga : Meski Pandemi, Johnson & Johnson Indonesia Komitmen Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat

Pada tanggal 18 Desember 2021, Kembalikan Baliku mengadakan pagelaran mini yang bertajuk 'Sesolahan Balin Tityang'. Ini merupakan acara perdana dari Kembalikan Baliku dengan menampilkan tari tarian yang telah dipelajari okeh siswa selama beberapa bulan terakhir dan dibawakan oleh siswa sebagai sarana ujian tampil dan kenaikan tingkat siswa.

Anggota Komisi X DPR Puti Guntur Soekarno mendukung kegiatan yang diinisiasi oleh Kembalikan Baliku. Menurutnya, generasi muda harus mulai melestarikan budaya agar dapat bersaing dengan budaya asing.

"Saya sangat mensupport kegiatan anak-anak muda untuk dapat lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia," terangnya.

Baca juga : Hari Ini, Presiden Resmikan Bandara Ngloram Di Blora Jateng

Politikus PDIP ini menerangkan, banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah di bidang seni. "Karena kekayaan budaya yang tertinggal harus dilestarikan oleh generasi penerus bangsa agar tidak punah dan terlupakan," tutup Puti. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.