Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Transisi Kepemimpinan Nasional Mendesak

Milenial Ngefans Ganjar-Erick

Senin, 20 Desember 2021 07:15 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. SINDOnews)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. SINDOnews)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejumlah relawan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) mulai bermunculan. Kebanyakan mereka dari kalangan muda alias milenial. Mereka cenderung mengidolakan sosok Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Teranyar, Erick dapat dukungan dari Relawam ET 2024 dan Relawan Bergerak Serentak. Dua relawan itu isinya para milenial yang mendambakan pemimpin muda yang paham kebutuhan mereka.

Menanggapi banyaknya relawan milenial ini, Peneliti Pusat Penelitian Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati memperkirakan, capres dan cawapres pada Pilpres 2024 akan didominasi kandidat muda yang saat ini duduk di jabatan publik.

Baca juga : Prodia Healthy Fun Festival Ajak Milenial Prioritaskan Kesehatan

Fenomena ini dinilainya wajar. Sebab publik, terutama pemilih muda ingin melihat transisi kepemimpinan nasional yang tidak lagi ada keterikatan dengan masa lalu. Mereka mendambakan figur baru dan muda yang dapat melakukan estafet kepemimpinan nasional.

Calon pemilih pemula tak lagi memilih berdasarkan sosok kharismatik seperti Pemilu sebelumnya. Para pemilih pemula yang sudah tidak lagi terikat ideologi masa lalu sekarang mendominasi. Ini tercermin dalam survei yang selalu memunculkan nama pemimpin muda dan nama baru.

“Sekarang pemilih sudah sangatpintar. Pemilih pemula tidak lagi memilih pemimpin berdasarkan karismatik, jargon atau dinasti politik. Pemilih milenial dan generasi Z tak suka dengan sesuatu yang formal dan terlalu simbolis. Mereka sangat realistis,” ungkap Wasisto kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Lewat Penguatan Nilai Kepemimpinan Di Sekolah, Kemendikbudristek Tingkatkan Mutu Pembelajaran

Dia mencatat, dua nama baru, yakni Ganjar Pranowo dan Erick Thohir saat ini termasuk pasangan yang paling banyak masuk berbagai survei. Apalagi mereka aktif dalam berbagai platform media sosial yang digemari calon pemilih milenial.

Dikatakan, para pemilih pemula yang tidak tahu politik ini melihat keduanya di sosial media Ganjar dan Erick. Bahkan mereka sampai melihat gaya Ganjar dan Erick dalam keseharian yang dianggap sama dengan karakter mereka.

“Ditambah nilai plusnya, keduanya memberikan kinerja nyata dalam perbaikan ekonomi. Makanya kalau dengar alasan para relawan ini memilih, sangat realistis. Mereka melihat Ganjar bekerja di Jawa Tengah. Erick memperbaiki BUMN sehingga sehat,” urainya
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.