Dark/Light Mode

Transisi Kepemimpinan Nasional Mendesak

Milenial Ngefans Ganjar-Erick

Senin, 20 Desember 2021 07:15 WIB
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. SINDOnews)
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. SINDOnews)

 Sebelumnya 
Menurut Wasisto, akan sangat menarik Ganjar dan Erick dipasangkan. Mereka merepresentasikan pemilih Jawa dan luar Jawa. Pasangan ini juga membawa narasi populis, dibanding nama Prabowo dan Puan yang melekat rasa aristokratis dan elitisnya. Pemilih pemula ini suka sosok yang membangun karir politik dari bawah.

Sementara jika dihadapkan dengan sosol Anies Baswedan dan Ridwan Kamil, kata Wasisto, meski tipenya sama dengan Ganjar dan Erick, namun Anies dan Emil masih amat segmented. Dua gubernur itu belum menjangkau luar DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten. Selain itu, Anies sudah telanjur dipersepsikan calon dari kelompok kanan.

Baca juga : Prodia Healthy Fun Festival Ajak Milenial Prioritaskan Kesehatan

Dalam analisisnya, dikarenakan Pemilu 2024 serempak, elektabilitas parpol akan ditentukan dengan pasangan capres dan cawapres. Ideologi dan platform partai sudah tak terlalu berpengaruh. “Sekarang tinggal kedewasaan PDIP saja. Apakah mereka mau menang di Pileg 2024 atau tidak. Jangan sampai pasangan Ganjar-Erick diculik partai lain,” pungkasnya.

Sejalan dengan itu, survei terbaru Indopol Survey & Consulting bertajuk ‘Arah Politik Milenial di Pemilu 2024’ menyebutkan, Ganjar jadi tokoh nasional kedua yang dijagokan gen Z dan milenial untuk menjadi Presiden 2024.

Baca juga : Lewat Penguatan Nilai Kepemimpinan Di Sekolah, Kemendikbudristek Tingkatkan Mutu Pembelajaran

“Dengan metode pertanyaan terbuka itu, Prabowo menempati urutan pertama dengan elektabilitas 13,58 persen. Disusul Ganjar mengantongi angka 11,22 persen,” papar ujar Direktur Eksekutif Indopol Survey & Condulting, Ratno Sulistiyanto dalam konferensi pers virtual, kemarin.

Anies Baswedan di posisi ketiga dengan 8,86 persen, Jokowi 6,69 persen, Sandiaga Uno 4,72 persen, AHY 3,74 persen, Mahfud MD 3,35 persen, Ridwan Kamil 3,15 persen, Basuki Tjahaja Purnama 2,17 persen, Tri Rismaharini 1,57 persen, dan Puan Maharani 1,38 persen.

Baca juga : PPP Ogah Dicap Partai Jadul

Hasil riset lembaga yang sama, partai berideologi nasionalis religius paling banyak diminati gen Z dan milenial, dengan angka 26,57 persen. Dibuntuti partai berideologi nasionalis 18,11 persen, Islam/religius 8,07 persen, sosialis religius 6,30 persen, dan sosialis 4,53 persen, lainnya 0,20 persen.

“Ketika kita konfirmasi di pilihan partai politik, mayoritas milenial memilih Partai Gerindra,” ujarnya. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.