Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

812 Jokowi Ada Di Sintang

Mimpi Reshuffle Semakin Terkubur

Sabtu, 4 Desember 2021 07:50 WIB
Presiden Jokowi saat memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi saat memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para politisi yang selama ini ngarep ada reshuffle pada Rabu Pon, (8/12) harus mengubur mimpinya dalam-dalam. Pasalnya, pada hari “sakral” itu, Jokowi dikabarkan akan ke Sintang, Kalimantan Barat, meninjau korban banjir.

Isu reshuffle kembali mencuat seiring masuknya PAN ke dalam koalisi pemerintah dan adanya pergantian Panglima TNI. Sejumlah kursi kementerian dikabarkan bakal dikocok ulang. Kursi Wakil Menteri juga disiapkan. Salah satunya Wakil Menteri ESDM.

Seiring kabar reshuffle itu, beberapa nama diisukan bakal mengisi kursi menteri. Salah satunya mantan Panglima TNI, Hadi Tjahjanto yang disebut-sebut bakal menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP) atau di Kemenko Polhukam.

Baca juga : Belum Diajak Bicara Jokowi, PKB: Tanda-tanda Reshuffle Belum Kelihatan

Petunjuk kapan Jokowi akan melakukan reshuffle masih gelap. Namun, ada politisi dengan pede menyebut Jokowi akan melakukan reshuffle pada Rabu (8/12).

Dalam penanggalan Jawa, hari tersebut bertepatan dengan Rabu Pon. Selama ini Rabu Pon atau Rabu Pahing dikenal sebagai hari yang sering dipilih Jokowi saat membuat keputusan penting. Termasuk reshuffle kabinet.

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto mengatakan, dari informasi yang dia dengar, reshuffle akan dilakukan Rabu (8/12). “Saya dengar juga isunya begitu. Katanya, sih (Rabu pon). Tapi, kan, itu hak prerogatif Pak Jokowi,” kata Yandri.

Baca juga : Reshuffle 812 Semakin Hot

Namun, mimpi reshuffle pada Rabu (8/12) langsung terkubur saat Ketua Komisi V DPR, Lasarus mengabarkan, Jokowi berencana mengunjungi Sintang hari itu. Agendanya meresmikan Bandara Tebelian dan meninjau korban banjir.

“Informasinya, hari Rabu ya. Untuk informasi pastinya bisa ditanyakan ke Protokol Pemda Sintang. Karena komunikasi nanti pasti ke Pemda sini juga,” ungkap Lasarus, saat mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Bandara Tebelian Sintang, kemarin.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati juga mengisyaratkan, Jokowi akan terbang ke Sintang, Rabu (8/12). Ia mendapat informasi jadwal itu sekitar minggu depan.

Baca juga : Seknas Jokowi Daerah Dukung Kepemimpinan Berbasis Gender

“Tapi kita belum tahu hari pastinya. Yang jelas dalam beberapa hari ini akan ada beberapa tim yang datang dari Istana untuk memastikan kesiapannya,” tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.