Dark/Light Mode

Di Hadapan Wisudawan Pati, Kapolri Bertekad Bikin Polri Makin Dicintai Rakyat

Selasa, 21 Desember 2021 16:13 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan dalam acara pembinaan tradisi pra-pengakhiran dinas Perwira Tinggi (Pati) Polri tahun 2021 di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (21/12). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat memberikan sambutan dalam acara pembinaan tradisi pra-pengakhiran dinas Perwira Tinggi (Pati) Polri tahun 2021 di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (21/12). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri acara pembinaan tradisi pra-pengakhiran dinas Perwira Tinggi (Pati) Polri tahun 2021 di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (21/12).

Di hadapan para Wisudawan Pati, Sigit menegaskan tekadnya untuk terus berupaya mewujudkan Polri sebagai institusi yang semakin diharapkan dan dicintai oleh masyarakat.

"Kami bertekad melanjutkan tongkat estafet yang telah diberikan senior-senior kami, sehingga kami betul-betul bisa mewujudkan Polri menjadi institusi yang dipercaya, profesional, dekat dan dicintai masyarakat," ujar Sigit, dalam sambutannya.

Selain itu, Polri juga akan ikut berupaya mewujudkan target pemerintah untuk menciptakan Indonesia yang tangguh dan tumbuh. "Serta persiapan menuju Indonesia Emas tahun 2045," imbuhnya.

Baca juga : Raih Penghargaan KWP Award 2021, Kang Hero: Jadi Pendorong Berbakti Lebih Untuk Rakyat

Mantan Kapolda Banten ini mengapresiasi kerja keras dan pengabdian seluruh senior yang menorehkan tinta emas ketika bertugas di Korps Bhayangkara. Sebagai penerus, Sigit berjanji bakal melanjutkan hal baik yang sudah ada. Sementara yang masih kurang, akan terus diperbaiki.

Sigit menyadari, tantangan menjalankan tugas sebagai anggota kepolisian terus menerus mengalami perubahan dan semakin kompleks.

Karena itu, dia mengingatkan, Polri harus mampu melakukan adaptasi dengan segala perkembangan zaman dan lingkungan strategis yang ada. Dengan begitu, Polri bisa terus menyesuaikan dan eksis sebagai suatu lembaga atau institusi modern untuk bisa menyesuaikan apa yang menjadi harapan masyarakat.

"Sebagaimana pendapat ahli bahwa yang mampu bertahan hidup bukan yang terkuat dan cerdas, namun yang paling bisa beradaptasi dengan perubahan. Hal ini harus kita pertahankan untuk menjaga dan membawa Tribrata untuk kita kibarkan lebih tinggi," tegas Sigit.

Baca juga : Dapat Bantuan Pendidikan Dari BUMN, Kapolri Harap Putra-Putri Polri Jadi SDM Unggul

Tekad bulat menjadi institusi yang semakin dicintai masyarakat, menurut Sigit, telah dituangkan dengan konsep Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi Berkeadilan). Hal ini, kata Sigit, tak lepas dari road map alias peta jalan yang telah ditorehkan para senior Polri.

"Kami melakukan penyesuaian untuk terus beradaptasi dan menempatkan Polri menjadi institusi yang selalu eksis. Kami memohon bimbingan dan saran dari senior agar bisa mengawal strategi kami untuk diimplementasikan dan diwujudkan dengan baik," tutur eks Kabareskrim Polri itu. 

Pada kesempatan itu Sigit juga mengungkapkan, Polri diberikan tugas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berada di garis terdepan dalam melakukan penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia.

Tugas itu harus bisa berjalan beriringan dengan tugas pokok Polri sebagai bhayangkara yang melindungi, melayani dan mengayomi masyarakat. Seluruh tugas itu, dijawab dengan kerja keras Polri bersama TNI, instansi terkait, dan seluruh lapisan masyarakat. Buahnya manis, pengendalian pandemi Covid-19 dewasa ini terus membaik.

Baca juga : Reisa: Pemerintah Komit Beri Perlindungan Maksimal

"Alhamdulilah, hari ini berkat kerja keras seluruh elemen masyarakat membantu Polri yang berada di lini terdepan. Laju Covid-19 bisa dikendalikan," tuturnya, mengucap syukur.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.