Dark/Light Mode

Supaya Tak Terjadi Lonjakan Pasca Nataru

Yuk Ah, Kita Jaga Kasus Corona Tetap Terkendali

Kamis, 23 Desember 2021 06:25 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Marji-Medcom).
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito. (Foto: Marji-Medcom).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kasus Covid-19 di Indonesia cenderung terkendali. Hanya saja, angka Reproduksi Efektif atau Rt bergerak naik secara perlahan. Tetaplah waspada.

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan, kondisi kasus Covid di Indonesia hingga saat ini masih cenderung terkendali. Namun, angka Rt yang menggambarkan potensi penularan di masyarakat, mengalami peningkatan sejak titik terendah pada September.

Meski angka kenaikan Rt rendah, Wiku mengingatkan perlunya upaya mencegah terjadinya lonjakan kasus periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Terutama karena adanya varian Omicron.

Baca juga : Kena Masalah Sulit, Kita Jangan Tidur Atau Nyerah…

“Salah satunya, dengan disiplin protokol kesehatan (prokes) dan percepatan vaksinasi Covid-19,” kata Wiku.

Netizen juga mengingatkan, meski kasus Covid-19 di Indonesia terkendali, semua pihak harus tetap waspada dengan se­lalu disiplin prokes dan segerakan vaksinasi Covid-19.

Akun @kemkominfo mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia terken­dali. Jumlah kasus aktif turun hingga -99,10 persen dibandingkan dengan kondisi puncak kasus terbanyak di 24 Juli 2021.

Baca juga : Cegah Lonjakan, Pemerintah Pelototi 19 Kota Yang Kasusnya Naik Terus

Selain itu, lanjut @kemkominfo, angka Rt Covid-19 di semua pulau, dalam kondisi terkendali (Rt < 1), persentase Tingkat Kesembuhan (Recovery Rate/RR) hingga 96,49 persen dan tingkat Kematian (Case Fatality Rate/CFR) 3,37 persen.

“Mari tetap waspada dengan selalu disiplin protokol kesehatan dan segerakan vaksinasi,” ajak @kemkominfo.

Akun @RokhanaSti menyambung. Dia bersyukur saat ini kasus Covid-19 berada di kisaran angka 216 kasus. Padahal, Juli lalu sem­pat mencapai 56 ribu kasus harian Covid-19.

Baca juga : Jokowi Terjunkan Tim

Meski kasus Covid-19 terkendali, kata @setkabgoid mengatakan, Pemerintah terus memantau perkembangan kasus secara ketat. Terutama mengantisipasi lonjakan karena var­ian Omicron.

“Pemerintah juga menyiapkan skenario jika terjadi peningkatan kasus Omicron,” kata @setkabgoid.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.