Dark/Light Mode

Dibeberin Faisal Basri, Dibantah Ngabalin

Sandi Jarang Ikut Rapat Kabinet, Fakta Apa Hoaks?

Minggu, 26 Desember 2021 08:05 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Antara/Fikri Yusuf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno lagi dapat sorotan. Sandi disebut lebih sering jalan-jalan ke berbagai daerah ketimbang berada di Jakarta. Saking sibuknya, politisi Gerindra itu, juga dikabarkan jarang ikut rapat kabinet bersama Presiden Jokowi di Istana Negara. Kabar ini diungkap ekonom senior Faisal Basri ini. Fakta atau hoaks kah kabar ini?

Sejak dilantik Jokowi Desember tahun lalu, Sandi terbilang menteri yang aktif melakukan kunjungan ke daerah. Hampir tiap hari, akun medsos dirinya mengabarkan sedang berada di berbagai tempat wisata di Indonesia. Tak jarang, Sandi juga mengajak serta keluarganya dalam beberapa kunjungan kerjanya ke daerah.

Baca juga : Serius Berantas Mafia Pelabuhan, Kejagung Gelar Rapat Kolaborasi Dengan Sejumlah Instansi

Misalnya, saat Sandi mengunjungi Pondok Pesantren An Nawawi Tanara di Serang, Banten, Kamis (23/12) lalu. Dalam kunjungan itu, Sandi mengajak serta Sulaiman, salah satu anaknya. Kegiatan itu dibagikan sendiri oleh Sandi lewat akun Instagram miliknya.

Rajinnya Sandi melakukan blusukan ke berbagai daerah, ternyata ikut membuat namanya makin populer. Bahkan dalam survei sejumlah lembaga survei, elektabilitas Sandi di bursa capres kerap masuk 5 besar.

Baca juga : Ganip Warsito Ingatkan Masyarakat Tetap Pakai Masker

Tak hanya moncer di survei, belakangan ini juga mulai muncul berbagai relawan yang mendeklarasikan Sandi sebagai calon presiden. Belum lama ini, kelompok yang menamakan diri sebagai Forum Ijtima Ulama dan Pemuda Islam Indonesia (PII) se-Jawa Barat mendeklarasikan Sandi sebagai capres 2024. Deklarasi dilakukan di Bandung, 15 Desember lalu.

Namun, pasca deklarasi tersebut, politisi Gerindra, Kamrussamad justru malah menyerang Sandi. Anggota DPR ini menuding, Sandi sengaja mengeksploitasi ulama untuk kepentingannya maju di Pilpres 2024.

Baca juga : Putra Gubernur Kepri Jadi Plt, Ngakunya Malah Sedih

Belum kelar tudingan dari rekan separtainya, kini Sandi mendapat kritikan tajam dari Faisal Basri. Kritikan itu disampaikan Faisal Basri saat menjadi narasumber dalam podcast milik Akbar Faizal, Jumat (24/12).

Dalam perbincangan santai itu, awalnya ekonom asal Universitas Indonesia itu mengkritik berbagai kinerja pemerintah. Mulai dari Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung, utang negara, pembelian saham PT Freeport Indonesia hingga soal kemarahan Jokowi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.