Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

SMRC: Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Kinerja Jokowi Stabil Dalam 2 Tahun Ini

Minggu, 26 Desember 2021 16:24 WIB
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Saiful Mujani Research dan Consulting (SMRC) membeberkan hasil survei tentang tanggapan masyarakat terhadap kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hasil survei itu menyebut, masyarakat puas dengan kinerja Jokowi. "Tingkat kepuasan ini stabil dalam dua tahun terakhir," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Minggu (26/12). 

Deni mengatakan sebanyak 71,7 persen responden mengaku puas dengan kinerja Jokowi. Sementara itu, sebanyak 25,3 persen responden mengaku tidak puas dengan kinerja Kepala Negara. 'Yang tidak menjawab masih ada sekitar tiga persen," ujar Deni. 

Baca juga : Kepala BPH Migas: Memberikan Manfaat Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Kepuasan masyarakat dengan kinerja Jokowi sejalan dengan respons masyarakat terhadap penanganan pandemi covid-19 yang dilakukan pemerintah pusat.

Mayoritas masyarakat menilai Pemerintah Pusat yang dipimpin Jokowi berhasil menangani pandemi di Indonesia dengan baik. Sebanyak 75 persen responden mengaku puas dengan kinerja pemerintah pusat menangani pandemi di Indonesia. 

Sementara itu, ada 22 persen responden yang mengaku tidak puas dengan kinerja pemerintah dalam menangani pandemi. "Sebanyak tiga persen responden tidak menjawab," ujar Deni.

Baca juga : Tingkatkan Prestasi Olahraga Nasional, Okto Kerja Sama Dengan NOC Hungaria

Kepuasan responden terkait penanganan pandemi yang dilakukan pemerintah pusat meningkat jika dibandingkan survei SMRC pada Oktober 2021. Hanya 61 persen responden puas dengan kinerja pemerintah pusat menangani pandemi pada Oktober 2021.

Masyarakat juga mengaku puas dengan kinerja Jokowi dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Sebanyak 60,1 persen responden mengaku puas dengan kinerja pemerintah dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Sementara itu, ada 34,7 persen responden mengaku kurang puas dengan kinerja pemerintah pusat dalam pemulihan ekonomi di tengah pandemi. Sebanyak 5,2 persen responden tidak menjawab pertanyaan ini.

Baca juga : Mitratel Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

Kepuasan masyarakat terhadap pemilihan ekonomi di tengah pandemi yang dilakukan pemerintah pusat ini meningkat dibanding jajak pendapat SMRC pada September 2021.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.