Dark/Light Mode

Awal 2022, Bupati Gunungkidul Sumbangkan Gaji Untuk Pemulung

Sabtu, 1 Januari 2022 21:43 WIB
Bupati Gunungkidul Sunaryanta (kiri) menyerahkan uang kepada sejumlah  pemulung di TPA Wukirsari, Baleharjo, Gunungkidul, Sabtu (1/1).
Bupati Gunungkidul Sunaryanta (kiri) menyerahkan uang kepada sejumlah pemulung di TPA Wukirsari, Baleharjo, Gunungkidul, Sabtu (1/1).

RM.id  Rakyat Merdeka -  Awal tahun 2022,  Bupati Gunungkidul, Sunaryanta sumbangkan gajinya pada Januari kepada para pemulung di TPA Wukirsari, Baleharjo, Gunungkidul, Sabtu (1/1). 

Sebelum membagikan gajinya, Sunaryanta yang kerap disapa Nanta ini  mentraktir lebih dari 60 orang tenaga kebersihan, tukang sapu dan pemulung.  Mereka diajak untuk menyantap mie ayam yang ada di dekat TPA sampah. 

Secara khusus bupati mendatangkan gerobak mie ayam untuk diborong dalam kegiatan ini.  Usai makan, bupati yang didukung Partai Perindo ini berdialog dengan masyarakat untuk menyerap aspirasi. 

Baca juga : Bupati Nonaktif HSU Jadi Tersangka Lagi, Kali Ini Kasus Pencucian Uang

“Selama satu tahun memimpin Gunungkidul, saya ingin mendapat masukan dari para pemulung, terkait harapan dan keinginan warga demi perbaikan nasib mereka,” ujar Nanta. 

Setelah dialog selesai, satu per satu pemulung dan petugas kebersihan diberikan uang yang diambilkan dari gaji bupati pada bulan Januari ini. Sunaryanta rela merogoh koceknya sendiri agar tidak membebani anggaran daerah.    

“Meski jumlahnya tidak seberapa, namun diharapkan mampu memberikan semangat bagi para pemulung untuk lebih giat dalam bekerja,” katanya.    

Baca juga : Tahan Vietnam 0-0, Skuad Garuda Selangkah Lagi Ke Semifinal

Eks prajurit TNI AD ini mengatakan, kegiatan ini murni untuk mendengarkan masukan dari warga kalangan menengah ke bawah. Harapannya program yang akan dijalankan pada 2022 bisa menyentuh sektor riil untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.   

“Kami mohon dukungan agar dalam menjalankan tugas ke depan bisa lebih amanah. Ini adalah cara saya untuk bisa lebih dekat dengan masyarakat bawah,” katanya dikutip iNewsYogya.id.    

Salah seorang pemulung, Sugiyah mengucapkan terima kasih kepada bupati. Tidak hanya mendapatkan uang saku, namun juga diajak makan siang dan mau mendengarkan aspirasi dari warga kecil.  “Terima kasih kami diperhatikan, selama ini pemulung jarang mendapat perhatian,” katanya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.