Dark/Light Mode

Dihina Tak Marah, Dibenci Tak Dengki

Anies Dan Jokowi Sebelas Duabelas

Senin, 3 Januari 2022 08:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dalam menghadapi kritik, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan punya sifat yang sama dengan Presiden Jokowi. Bisa dibilang sebelas-duabelas. Dihina tidak marah, dibenci juga tidak dengki.

Setelah menjadi Gubernur DKI, Anies banyak mendapat julukan negatif dari orang-orang yang membencinya. Mulai dari Wan Abud, Wan Aibon, Wan Bambu, hingga Wan Toa. Anies juga dicap pembohong, kadrun, gaberner, ahli tata kata, dan lainnya. Aneka julukan itu bertebaran di berbagai platform media sosial, baik dalam bentuk meme, video, atau tulisan.

Baca juga : Tinjau Pameran IKM Bangkit, Jokowi Apresiasi Produk Pengrajin Bali

Menghadapi semua ini, Anies tetap santuy. Terbukti, belum ada penghina atau pembencinya yang dipolisikan. Yang marah justru pendukungnya.

Kenapa bisa sesantuy itu? Pertanyaan tersebut dijawab Anies dalam video berdurasi 10 menit 53 detik yang diunggah ke kanal YouTube Anies Baswedan, Sabtu (1/1). Video awal tahun ini diberi judul “Makna, Rasa, dan Asa” #DariDekat.

Baca juga : Disebut Pemimpin Masa Depan, Anies Doakan Muktamar NU Berjalan Lancar

Di salah satu bagian, ada pertanyaan: Bagaimana pandangan Anies terhadap kritik? Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengaku tak masalah. Termasuk dengan kata maupun gambar visual yang membuatnya tak nyaman dari orang-orang yang tidak menyukainya.

"Saya tidak minta Anda untuk menyukai saya, tapi saya minta Anda untuk bantu sesama di Jakarta," ucap Anies, dengan tersenyum.

Baca juga : Vaksinasi Anak Harus Dibarengi Pemahaman Orang Tua

Khususnya di tengah pandemi Covid-19, ketika banyak orang membutuhkan pertolongan. Yang diharapkan Anies ini adalah agar warga Jakarta bahu-membahu membantu sesama, tanpa melihat apakah orang tersebut menyukainya sebagai gubernur atau tidak.

"Kalau ikut bantu Jakarta terima kasih, walaupun sambil ngomong macem-macem tentang gubernurnya, that's ok," lanjut Anies, dengan mengacungkan dua jempol. "Sambil marah nggak apa-apa, tapi yang penting bantuin Jakarta, selamatin sama-sama warga Jakarta," sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.