Dark/Light Mode

Lanjutkan Program G21H Di 2022, YAICI Perluas Jangkauan Perbaikan Gizi Balita

Sabtu, 8 Januari 2022 10:15 WIB
Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) Arif Hidayat (Foto: Istimewa)
Ketua Harian Yayasan Abhipraya Insan Cendekia Indonesia (YAICI) Arif Hidayat (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Founder Komunitas Menata Keluarga Melly Amaya Kiong mengapresisasi atas program G21H ini. Ia menilai, kolaborasi konsep Mindful Parenting dengan pendampingan oleh kader selama 21 hari dan memonitoring perubahan-perubahan anak ini ternyata bisa mewujudkan kebiasaan makan yang baik pada balita.

"Ini adalah sesuatu yang baru. Ke depannya, metode ini dapat diterapkan untuk membentuk kebiasaan-kebiasaan baik pada anak dan keluarga,” kata Melly, yang juga praktisi Mindful Parenting itu.

Baca juga : Inilah Harapan Dan Optimisme

Nyai, orang tua dari Arka (usia 2 tahun), mengaku keluarganya mengalami banyak perubahan sejak mengikuti program pendampingan G21H ini. Dari sebelumnya mengkonsumsi kental manis tiga kali sehari, sekarang sudah lepas dari kebiasaan itu.

"Arka juga terlihat lebih sehat dan ceria, makan lebih teratur dan banyak minum air putih. Di awal program memang terasa sulit. Tapi, lama-kelamaan aktivitas ini jadi menyenangkan. Semoga ibu-ibu lain yang mengalami problem seperti saya dapat berkesempatan mengikuti program ini,” harap Nyai.

Baca juga : Prof. Tjandra: Omicron Itu Varian Yang Perlu Kita Waspadai, Jangan Diartikan Varian Yang Bikin Panik

Sementara, kader yang mendampingi keluarga Nyai, yaitu Lina Marlina berharap G21H dapat dilanjutkan dengan menyasar lebih banyak masyarakat. Karena parenting, sebutnya adalah ilmu yang tidak diajarkan di bangku sekolah, namun harus belajar dari pengalaman.

Materi edukasi di program G21H yang digunakan juga sangat membantu mendorong kreativitas orang tua dalam memberikan edukasi. Tanpa harus memaksa dan menghakimi, melainkan dengan penuh kasih sayang dan keceriaan. "Melalui program ini, selaku kader sayapun ikut belajar, menata kembali keluarga supaya menjadi lebih harmonis,” jelas Lina. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.