Dark/Light Mode

Awal Tahun Baru Kota Dan Optimisme

Rabu, 12 Januari 2022 10:40 WIB
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat
Dr. Tantan Hermansah, pengampu MK Sosiologi Perkotaan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, dan Anggota Komisi Infokom MUI Pusat

 Sebelumnya 
Lalu bagaimana kota-kota melalui tahun 2022? Jika hari pertama menjadi modal budaya dan modal sosial akan memberikan cerminan dan gambaran di masa mendatang, maka kota-kota akan menampilkan diri sebagai berikut:

Pertama, masyarakat kota akan semakin siap dengan budaya baru di berbagai tempat, baik itu tempat bekerja, tempat berwisata, maupun di ruang lain yang kemudian menjadi tempat banyak orang berinteraksi. Budaya baru tidak akan menjadi penghalang, justru sebaliknya, akan menjadi pemicu bahwa mereka bukan entitas yang mudah menyerah apalagi kalah dalam proses dan perjuangan melewati masa wabah ini.

Baca juga : Varian Baru Dan Bisnis Karantina

Kedua, kota-kota akan semakin kompetitif, karena orang-orang di dalamnya harus mengeluarkan energi atau effort jauh lebih banyak dari sebelumnya. Hari ini dikarenakan sebagian dari institusi bisnis belum sepenuhnya pulih, sehingga mereka akan menjadi lembaga yang kemudian sangat selektif dalam memilih sumber daya manusia yang akan mengisi ruang dan lembaga bisnisnya. Akibatnya orang-orang pun akan dituntut lebih berkualitas dan kemudian bisa menjadi bagian satu lembaga bisnis yang sedang berjalan di masa ini.

Ketiga, akan ada banyak inovasi baru yang ditawarkan kepada publik, yang kemudian dalam beberapa hal akan semakin memperkuat budaya baru dalam kehidupan masyarakat kota.

Baca juga : AHY Jadi Magnet, Pengurus Baru Demokrat Bali Didominasi Milenial

Inovasi-inovasi itu akan hadir melengkapi kebutuhan banyak pihak untuk membantu beragam kesibukan dalam pekerjaannya. Misalnya sistem pembelajaran maupun peningkatan skill yang disampaikan secara online akan semakin semarak, karena temuan untuk meningkatkan kualitas dari proses pembelajaran tersebut tumbuh tidak kalah cepat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.