Dark/Light Mode

Representasi Nasionalis-Religius, Airlangga Hartarto Dinilai Sosok Tepat Penerus Jokowi

Minggu, 16 Januari 2022 10:32 WIB
Dialog yang digelar Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH), Sabtu (15/1). (Foto: Ist)
Dialog yang digelar Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH), Sabtu (15/1). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akademisi Universitas PGRI Madiun Wawan Kokotiasa menilai sosok Airlangga Hartarto berhasil menerjemahkan visi Presiden dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Baik sebagai Menko Perekonomian, maupun Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Baca juga : Rakyat Pilih Capres Sipil Dibanding Militer, Airlangga Jadi Sosok Terkuat

"Penilaian yang saya lihat, Airlangga Hartarto orangnya low profile dan tidak banyak tampak di medsos, konkret kinerjanya. Dari beberapa survei kredibel, memberi nilai tinggi untuk pemulihan ekonomi," kata Wawan, dalam dialog yang digelar Gerakan Berkreasi Bersama Airlangga Hartarto (Gerakan BerkAH), Sabtu (15/1).

Dalam konteks pilpres mendatang, Wawan menilai, jika ingin mendulang suara di Madiun, Airlangga harus mencitrakan sebagai sosok nasionalis religius. Sesuai dengan subkultur masyarakat Madiun dan sekitarnya yang termasuk subkultur Mataraman.

Baca juga : Survei PSI: Airlangga Tokoh Yang Diinginkan Publik Jadi Penerus Jokowi

"Selain itu juga pemilih rasional di Madiun juga perlu dirangkul melalui sosialisasi kinerjanya sebagai Menko Perekonomian, termasuk sosialisasi melalui media sosial. Sehingga semua elemen masyarakat harus dirangkul, dari basis massa Golkar, basis massa nasionalis, dan swingvoternya," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Madiun Mujiono menyatakan kesiapannya mendukung Ketum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto untuk maju sebagai capres di 2024.

Baca juga : Airlangga Hartarto Diakui Sebagai Sosok Pekerja Keras

Dengan modal kinerja sebagai Menko Perekonomian dan Ketua KPCPEN, serta ketum partai, Airlangga berpotensi besar untuk menang di Pilpres mendatang.

"Insyaallah siap untuk maju di Pilpres 2024, meskipun beliau tidak sempat mencitrakan diri sebagai capres. Beliau fokus bekerja untuk Indonesia, mengemban amanah yang diberikan Presiden, menghadapi pandemi dan menjadi lokomotif pembangunan di Indonesia, dan khususnya di Madiun ini," kata Mujiono, yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Madiun itu. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.