Dark/Light Mode

Pemerintah Jadikan DKI Jakarta Medan Perang Melawan Omicron

Minggu, 16 Januari 2022 21:34 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Ist)
Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan, sekitar 500 orang terinfeksi varian Omicron di Indonesia. Sebanyak 90 persennya terjadi di DKI Jakarta. Karena itu pemerintah akan menjadikan ibu kota sebagai prioritas penanganan Covid-19.

"Transmisi lokal itu terjadi di DKI Jakarta. Jadi kami memang harus mempersiapkan khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron ini," ujar Budi usai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo, Minggu (16/1).

Baca juga : PLN Dan Ditjen Minerba ESDM Pantau Pasokan Batubara Secara Real Time

Presiden Jokowi, juga memberikan pesan kepada jajarannya dan masyarakat Indonesia. Apa itu? "Tidak usah panik, tetapi harus hati-hati, waspada, dan prokes (protokol kesehatan) di Jakarta harus ditingkatkan," imbuh mantan Direktur Utama Bank Mandiri itu.

Eks Wamen BUMN itu juga meminta penggunaan aplikasi PeduliLindungi harus ditingkatkan. Begitu juga testing, tracing, dan isolasi terpusat, yang wajib kembali digeliatkan.

Baca juga : Airlangga: Operasi Pasar, Langkah Konkret Pemerintah Stabilkan Harga Bahan Pangan

"Dianjurkan untuk tidak berkerumun dan menekan mobilitasnya. Jalankan saja yang normal, yang sekarang sudah dijalankan, tetapi hindari kerumunan. Kalau disarankan tidak usah ke luar negeri," imbau Budi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.