Dark/Light Mode

BIN Mulai Suntik Booster Lansia Di 14 Provinsi

Perangi Omicron, Kita Pasti Menang

Senin, 17 Januari 2022 08:10 WIB
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan ikut menenangkan seorang anak yang sedang divaksin Covid-19. Kemarin, BIN menggelar vaksinasi di 14 provinsi. (Foto: Humas BIN)
Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan ikut menenangkan seorang anak yang sedang divaksin Covid-19. Kemarin, BIN menggelar vaksinasi di 14 provinsi. (Foto: Humas BIN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyebaran Covid-19 varian Omicron di Indonesia mulai meningkat. Meski begitu, pemerintah meminta masyarakat tetap tenang. Soalnya, mayoritas pasien yang terpapar Omicron sudah sembuh, tanpa mengalami gejala berat. Selain itu, mayoritas penduduk sudah mempunyai kekebalan lantaran massifnya vaksinasi. Dengan dua alasan tersebut, pemerintah optimis perang melawan Omicron bisa kita menangkan.

Menghadapi lonjakan kasus Omicron, pemerintah makin gencar melakukan vaksinasi. Salah satu lembaga yang giat menggelar vaksinasi adalah Badan Intelijen Negara (BIN). Kemarin, lembaga telik sandi itu memulai menggelar vaksin dosis ketiga atau booster bagi lansia secara serentak di 14 provinsi.

Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sesuai program percepatan pemerintah. Menurut dia, vaksin booster harus disegerakan di tengah meluasnya varian Omicron.

Baca juga : Imun Kebal, Omicron Mental

Presiden Jokowi memberikan instruksi untuk menyegerakan vaksin dosis ketiga atau booster ini. Karena tentunya kita semua tidak ingin Omicron meluas,” ujar Budi Gunawan, kemarin.

Ke-14 provinsi yang menggelar vaksinasi adalah Riau, Bangka Belitung, Bali, DKI Jakarta, Banten, DIY, Jawa Timur, dan Kalimantan Timur. Lalu Kalimantan Tengah, Gorontalo, Bengkulu, Sulawesi Barat, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau.

Kepala Binda (Kabinda) Kalimantan Timur, Brigjen TNI Danni Koswara mengatakan vaksin booster merupakan upaya pemerintah mencegah lonjakan penyebaran Covid-19. Terlebih meluasnya kasus konfirmasi positif Omicron di Tanah Air.

Baca juga : Gelar Deklarasi Serentak Di 10 Provinsi, Sobat Erick Siap Kawal ET Menangkan Pilpres 2024

“Kami langsung gerak cepat pasca mendapat arahan dari Bapak Presiden Jokowi. Kemudian berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat. Sasarannya tentu saja lansia dan pelayan publik dulu,” ucap Danni.

Antusiasme Para Lansia

Kabinda Sumatera Barat, Hendra mengungkapkan, vaksin booster akan diberikan untuk wilayah yang capaian vaksinasinya sudah 70 persen untuk dosis pertama dan 60 persen dosis kedua. Dia bilang, ada ratusan daerah yang telah memenuhi kriteria itu.

Baca juga : Hati Tenang, Walaupun Si Omicron Menyerang

“Ada 244 kabupaten dan kota yang sudah memenuhi kriteria penerima dosis ketiga vaksinasi ini. Di Sumbar, berdasarkan arahan Kemenkes, baru Kota Sawahlunto dan Kabupaten Kepulauan Mentawai yang diprioritaskan,” tutur Hendra.

Hendra meminta masyarakat terutama lansia tak khawatir terkait vaksin booster yang diberikan secara gratis ini. Menurut dia, kegiatan ini dilakukan demi melindungi kelompok yang rentan terhadap penularan dan penyebaran Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.