Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Nawarin Iriana Naik Kendaraan Alutsista

Jokowi: Yang Nyetir Pak Andika...

Selasa, 5 Oktober 2021 22:56 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melihat-lihat kendaraan Alutsista di sekitar Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/10). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melihat-lihat kendaraan Alutsista di sekitar Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/10). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ada peristiwa menarik saat Presiden Jokowi meninjau pameran Alat Utama Senjata Tentara Nasional Indonesia (alutsista) di sekitar Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/10). Apa itu? Kepala Negara sempat mencandai istrinya, Iriana Joko Widodo.

Peristiwa menarik ini bermula ketika Presiden Jokowi diajak melihat-lihat kendaraan alutsista yang terparkir di halaman Istana. Saat itu, dia baru saja selesai berpidato dalam acara HUT TNI ke-76.

Bertindak sebagai Panglima Tertinggi TNI, Jokowi menyorot peran besar TNI dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, keberhasilan Indonesia menangani pandemi tidak lepas dari kontribusi TNI.

Dia mengibaratkan perjuangan melawan Corona sebagai perang yang harus selalu diwaspadai prajurit TNI. Perang yang membutuhkan kewaspadaan, kecepatan, sinergi, pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga : Presiden: Pameran Alutsista TNI Bentuk Transparansi Kepada Publik

"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara, saya mengucapkan Dirgahayu ke-76 TNI," kata Jokowi dalam pidato yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (5/10).

Kembali ke cerita awal, menuju lokasi pameran, Jokowi dan Iriana menumpangi mobil golf. Jokowi yang menyetir. Tak cuma Iriana, eks Wali Kota Solo itu juga menyupiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Ibu Wakil Presiden Wury Estu Handayani, yang juga menghadiri acara tersebut.

Mobil golf yang disupiri Jokowi berhenti di depan Sherpa Light Scout dan peluncur rudal, MLRS Astros. Di sini, Presiden mendapat penjelasan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengenai alutsista tersebut.

"Bapak, izin, jadi ini pengadaan pada renstra (rencana strategis) sampai dengan tahun 2019," ucap Hadi, menjelaskan ke Jokowi. "Ini baru-baru semua?" tanya Jokowi.

Baca juga : Jokowi Ngebut Lagi

Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang ikut mendampingi Hadi, kemudian menimpali, TNI AD memiliki 56 alutsista semacam itu. "Dari angkatan darat, kami punya 56, Pak Presiden," jawab Andika.

Eks Gubernur DKI itu tampak kagum. Menurutnya, kalau tidak melihat pameran itu, dirinya tidak tahu Indonesia memiliki alutsista secanggih ini. "Kalau kita nggak anu.. nggak tahu kalau kita punya barang-barang seperti ini," lanjut politisi PDIP itu.

Setelah fokus berbincang dengan Hadi dan Andika, kedua mata Jokowi tertuju kepada sang istri yang sedang asik berfoto di dekat kendaraan alutsista milik TNI AD itu.

Spontan, ayah dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming itu meminta Iriana mencoba menaiki kendara alutsista tersebut. Nah, di sinilah Jokowi mencandai sang istri.

Baca juga : HUT Ke-31, Guardian Berikan Penghargaan Pada Tokoh Inspirasional

Dia bilang, yang menyetir bukan dirinya, tapi Jenderal Andika Perkasa. "Mau naik gimana? Biar yang nyetir Pak Andika," seloroh Jokowi. Spontan, candaan Kepala Negara disambut gelak tawa para pejabat yang ikut mendampingi.

Setelah itu Jokowi pun melanjutkan berkeliling melihat kendaraan lainnya yang dipamerkan di depan Istana Kepresidenan Jakarta.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.